INE TANDA PENJAGA ALAM ORANG ROMBA

Di salah satu lembah dari lahan luas kebon kelapa kami ada rumpun bamboo yang sangat luas. Saya masih ingat kami memiliki rumpun bamboo yang luas, mungkin yang paling luas di dua lokasi yang berbeda.  Karena itu ayah saya didaulat sebagai ine tanda (pemuka adat yang mengawasi peraturan khusus). Peran ine tanda adalah menegur orang yang melakukan pelanggaran atas peraturan-peraturan khusus  berakitan dengan pengawasan lingkungan.  Orang tidak bisa seenaknya mengelola apa lagi merusak lingkungan, meskipun itu adalah tanahnya sendiri.

Ada kearifan lokal di Keo Tengah untuk menjaga dan mengelola lingkungan. Masyarakat diatur oleh ketetapan bersama untuk jangka waktu tertentu. Mereka menetapkan  waktu tertentu, karena dalam batas waktu itu mereka percaya adalah waktu yang cukup untuk pemulihan  pertumbuhan tanaman.Ada masa orang tidak boleh memanjat kelapa kecuali beberapa pohon untuk keperluan sayuran (nio ae uta). Pohon kelapa yang lain dibiarkan saja berbuah sampai tua, biasanya selama 1 bulan. Pada saat itu orang tidak boleh mengupas buah kelapa, menjemur dan menjual.

Salah satu tanaman yang paling diperhatikan pengawasan adalah bambu. Untuk menjaga agar tanaman bambu tidak musnah, ada masa semua orang dilarang memotong bambu. Walau ada keperluan untuk pembangunan, selama masa larangan orang berusaha untuk menahan diri dan hanya menggunakan bamboo yang ada. Siapa yang melakukan pelanggaran, memotong bamboo pada masa larangan akan dikenakan sanksi. Sanksi biasa berupa babi besar yang disembelih pada saat akan memulai masa larangan (tanda). Ada dua macam tanda ada tanda nio (kelapa) dan tanda peri (bamboo). Para pengawas peraturan disebut ine tanda.

 

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s