Dhuda Kamba Kikil Mubasir di Mauromba

 

Dhuda kamba adalah kulit kerbau. Kulit kerbau itu tebal dan keras. Pada masa kecil saya masih menyaksikan orang membakar kulit kerbau untuk membersihkan bulu-bulunya. Kemudian kulit itu digantung atau ditaruh di para-para (ghala) yang berada persis di atas tungku dapur api. Asap api yang terus menerus mengawetkan kulit ini. Kulit yang kering ini dipotong seperlunya, dibakar di pukul-pukul dengan batu atau diketok dengan golok menggunakan sisi tumpulnya (belakang). Kulit yang dibakar agak hangus, tetapi bagian yang hangus akan hilang setelah dipukul dengan batu atau golok.  Ada yang langsung dimakan sebagai daging bakar atau di potong-potong dan dimasak dengan gulai. Rasanya gurih. Ini satu-satunya cara orang Keo mengolah kulit kerbau.

Dhuda kamba sekarang menjadi barang tak berharga di kampung kami. Orang tidak lagi memperdulikannya. Terbukanya isolasi dengan prasarana jalan dan ramainya lalu lintas terjadi perobahan hidup di desa kami. Perobahan secara ekonomi mempengaruhi pola makan. Mereka tidak lagi makan kulit kerbau (dhuda kamba).  Makan kulit kerbau (kikil) seperti identik dengan kemiskinan. Ada rasa malu disebut miskin walau kenyataannya masih menerima beras orang miskin  (raskin).

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to Dhuda Kamba Kikil Mubasir di Mauromba

  1. Rahma says:

    Sangat disayangkan sebenarnya kulit kerbau yg bisa di olah menjadi bahan makanan yg lezat dan gurih dibuang sia-sia.mungkin hal ini disebabkan kemalasan atau ketidaktahuan orang2 kita dalam bidang tataboga.

  2. febri says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Sayang sekali kalau disana kulit kerbau malah kurang diperhatikan lagi.
    Bapak, kalau mau, saya insyaallah bersedia beli kulit kerbau yang ada di sana. Jadi kulit kerbaunya bisa lebih ada nilai ekonominya juga. Kebetulan saya mau buka usaha, bahannya kulit kerbau atau sapi.
    Silahkan kontak ke email saya di fbrhermanto@yahoo.co.id

  3. hengky says:

    SAYA MAU BE
    LI TUH KULIT KERBAUNYA YG SUDAH DI GARAMI…HUB 087731412980

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s