Yustina Nona Selamat Jalan

Terima kasih teman, doakan mamaku! Jawaban pesan singkat teman saya Vinsensius Sensi Potokota Pr, Uskup Agung Ende atas ucapan berbela duka dariku sebagai sahabat.  Mama Uskup Sensi: YUSTINA NONA meninggal di RSUD-Ende pagi hari ini jam 1.40. RIP, demikian  pesan yang kuterima dari teman Paulus Bongu seorang pastor di keuskupan Maumere. Ibu Yustina Nona adalah seorang guru, yang telah melahirkan, mendidik dan membesarkan seorang anak, yang kini menjadi Uskup. Dia seorang guru bersahaja. Tetapi dalam kesahajaannya di telah melahirkan seorang anak, imam dan uskup Mgr. Vinsensius Sensi Potokota. Pengabdian dan doa serta keabadian kasih seorang ibu terwujud dalam kepribadian dan kesederhaan hati seorang anaknya.

Saat ini kita begitu sering menyaksikan berbagai masalah dengan anak. Anak-anak bermasalah bukan merupakan sebuah kebetulan. Hidup adalah sebuah proses. Keadaan sekarang merupakan  hasil proses masa lalu. Anak sendiri adalah produk jadi dari sebuah proses. Bila sebuah proses baik maka  hasil  dari proses pasti sempurna. Menanam jagung menuai jagung, dan mustahil memetik padi. Kwalitas panen tergantung kondisi lingkungannya. Benih baik hanya bisa menjadi baik bila proses pembibitan dan pemeliharaannya baik.

Secara pribadi saya tidak banyak tahu tentang ibu Yustina Nona, karena hanya sekali saya berjumpa dengannya.  Tetapi dari seorang anaknya yang baik,  Mgr.Vinsensius Sensi Potokota, kita  menilai ibu Yustina. Ibu Yustina pasti telah memberikan yang terbaik dalam perjalanan puteranya sampai saat ini. Ia telah melahirkan dan memberikan seorang imam dan uskup bagi Ende dan gereja. Selamat jalan dan semoga diterima dalam kerahiman Tuhan. Requiescat In Pace.

Advertisements

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s