Tidak Membaca Koran 2 Hari

Seperti ada yang kurang. Saya tidak membaca koran dua hari. Biasanya saya membaca sambil duduk menikmati hawa pagi yang segar di muka rumahku. Karena saya harus berangkat sangat pagi dan terus sibuk sampai jauh malam, koran tak sempat disentuh. Apa perlunya mencatat dua hari tidak baca koran. Tidak membaca koran dua hari, berarti selama dua hari saya ketinggalan berbagai informasi hangat di negeri ini. Ada tajuk koran yang mengulas isue paling hangat. Ada artikel-artikel para pengamat cerdas. Dari koran saya juga membaca kebutuhan dan peluang usaha. Walau saya tidak selalu punya uang untuk berusaha tetapi  paling sedikit  saya ikut mengetahui banyak cara untuk mendapatkan uang.

Mencatat hal tentang tidak membaca koran dua hari sesungguhnya tidak ada arti. Tidak punya nilai sama sekali. Bagi saya dengan membuat catatan ini menjadi kesempatan menulis. Menulis harus menjadi kebiasaan. Menulis adalah berbicara dan bercerita. Saya sedang bercerita ada rasa rugi dan kehilangan kesempatan. Kesempatan untuk membaca koran. Kesempatan adalah waktu. Waktu itu kata orang adalah uang. Orang yang pandai mengelola waktu dia memperoleh uang. Ada waktu yang terbuang dengan sia-sia. Membunuh waktu kata guruku Frederick Braun Svd di Ledalero. Waktu itu kami menunggu di pendopo sambil ngobrol. Dia mengatakan mengapa kami membunuh waktu. Kami tidak memanfaatkan waktu untuk membaca buku sambil menunggunya untuk pergi mengukur jalur pipa air. Kalau masing-masing membuang waktu 20 menit, maka 6 orang menghabiskan waktu 120 menit sia-sia.  Menulis catatan ini juga termasuk usaha menghidupkan waktu. Waktu  menjadi suatu kesempatan untuk berekspresi dan menciptakan nilai.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

