Kesaksian Melalui Surat Keterangan

Selama 7 tahun menjabat ketua kelompok warga katolik di tempat tinggalku. Sebentar lagi saya akan diganti orang lain karena telah dua periode  saya jalankan tugas tersebut.  Jabatan ketua kelompok adalah jabatan yang dihindari banyak orang. Tugasnya murni melayani. Kerja pro deo. Tetapi bila tidak melakukan tugas dengan baik menuai banyak kritik. Membandingkan antara enak dan tidak enak maka lebih banyak tidak enaknya mengemban tugas ini. Saya  mencoba mencari nilai baik dari semua pengalaman ini.  Semua keadaan menjadi nyaman dan tidak nyaman tergantung bagaimana kita menyikapinya. Sikap kita yang menentukan. Saya coba menikmatinya dengan dalil ini cara saya berkontribusi bagi sesama.

Tugas-tugas ketua lingkungan sebenarnya tidak berat. Kita tetap melakukan pekerjaan kita seperti biasa. Pekerjaan yang diurus oleh ketua lingkungan tak jauh berbeda dengan tugas ketua rukun tetangga. Segala sesuatu yang dilakukan ketua lingkungan berkaitan dengan urusan rohani. Ini berurusan dengan iman. Segala yang dilakukan mencerminkan apa yang kita percaya. Suatu saat seorang anak perempuan meminta saya membuatkan surat pengantar untuk nikah. Dia ingin menikah tanpa persetujuan orang tuanya. Saya menolaknya  dengan pertimbangan dan dalil bahwa tugas ketua lingkungan tak sama seperti petugas RT. Apa saja yang dilakukan oleh ketua lingkungan harus mencerminkan imannya.  Surat keterangan yang dibuat oleh ketua lingkungan tidak seperti surat keterangan dari RT. Keterangan dari RT sekedar memenuhi urusan administrasi. Tetapi surat keterangan yang dibuat oleh ketua lingkungan tentang warganya adalah sebuah kesaksian. Harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s