Bersilaturahim di Jejaring

Tulis menulis sebetulnya bukan kebiasaanku sebenarnya.  Ketika di bangku kuliah saya termasuk yang tidak banyak membuat catatan. Beruntung di tempat kuliah kami semua mata kuliah dibagi diktat dengan mencatat buku referensi. Dan buku pun tersedia di perpustakaan. Catatan kuliah yang rapih bukannya tidak perlu. Karena ternyata saya dan teman yang tidak terlalu rajin membuat catatan dan ringkasan suka memanfaaatkan catatan teman kuliah lainnya. Ketika berkenalan dengan dunia internet, saya membaca banyak situs pribadi. Saya masih ingat satu penulis yang dikunjungi banyak orang. Begitu banyak komentar psositif berderet-deret panjang untuk setiap tulisan. Setiap hari selalu dikunjungi. Dengan pengetahuan yang terbatas saya juga turut nimbrung menulis komentar. Ada rasa senang bila komentar saya juga mendapat repons balik. Sejak itu saya mulai tertarik untuk menulis di internet.

Menulis di internet dimulai dengan belajar membuat blog. Sudah beberapa blog saya buat yang terabaikan begitu saja. Ada yang menasehati jangan buat banyak blog tetapi satu saja. Tidak usaha menulis banyak tetapi yang penting teratur. Menulis (posting) teratur agar tidak mengecewakan para pengunjung. Meningkatkan pengunjung ke blog sebetulnya tidak sulit. Rajin mengunjungi situs lain. Tinggalkan komentar disana. Bila komentar kita cukup menarik, maka pasti ada kunjungan balasan. Akhir-akhir ini saya tidak melakukan itu karena waktu terbatas. Dan tujuan daripada membuat blog sudah berbeda. Saya membuat blog Nagekeo semata-mata untuk menumpahkan rasa rindu akan kampung halaman. Yang saya catat juga hal-hal yang remeh temeh. Hal-hal kecil yang ada di daerah saya. Suasana dan kebiasaan kampung halaman terasa hadir kembali di hadapan saya ketika  menulis.

Perlahan-lahan saya menuai apa yang tulis di blog ini. Melalui forum ini  beberapa saudara telah menjalin tali silaturahim keluarga dan sahabat. Saya juga merasa sangat bahagia bila ada pengunjung yang memperkenalkan diri punya hubungan keluarga dengan saya sendiri.

Bagi pengunjung baru, teristimewa saudara-saudara saya yang baru bersentuhan dengan dunia internet, ayo mari kita bikin blog. Kalau merasa tidak tahu bagaimana caranya cari di mesin pencari google. Ketik saja kata membuat blog atau belajar membuat blog dan enter. Anda pasti menemukan berbagai artikel yang memberikan petunjuk. Posting atau menulis saja hal-hal sederhana. Rajin mengunjungi blog orang lain, beri komentar dan pasti ada yang mengunjungi blog anda sendiri. Awali kebiasaan menggunakan internet dengan alamat e-mail untuk bisa berkiriman surat via internet. Tetapi saya yakin itu langkah yang sudah anda lakukan ketika belajar chating. Saya akan menulis sedikit catatan tentang penglaman pribadi berchating ria pada kesempatan berikut.  Selamat belajar khusus buat saudara-saudara saya dari Keo Tengah di Papua Barat.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in MEMBUAT BLOG, Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Bersilaturahim di Jejaring

  1. Del Adolorata Siu says:

    Saya sebagai putra Mau Romba-keotengah-Nagekeo sangat bangga dengan adanya blog “TANAGEKEO” ini, mengapa…? Sebagai anak rantau yang seringkali merindukan kampung halaman, kini telah terobati hanya dengan berkunjung di blog ” TANAGEKEO”ini. Kini kita lebih banyak tau tentang kehidupan masa lalu dan kehidupan masa sekarang menyangkut tentang budaya dan adat istiadat di tanah kelahiran kita. Terima Kasih “TANAGEKEO” Maju terus pantang mundur. by. Del /ASIKI-BOVEN DIGOEL-PAPUA.

  2. Tanagekeo says:

    @Del Adorata Siu: Jao rasa kita papa mbeo. Jao ha di nee Clemens puu ridi sao bele.

Leave a Reply

