Tertinggal Kereta Teknologi

Suatu saat saya berkunjung ke rumah seorang bekas pejabat tinggi negeri ini. Dia duduk  disebuah kursi sambil tangannya terus menggerakan remote control sebuah televisi berlayar lebar. Sepanjang hari dia mengikuti berita televisi. Saya mengusulkan agar dia menggunakan internet. Saya mempunyai banyak komputer, katanya. Sebuah jawaban yang tidak relevan.  Memiliki komputer dan memanfaatkan teknologi informasi melalui komputer tidak selalu berjalan bareng. Memanfaatkan tenknologi hanya mungkin apabila seorang memahaminya. Seorang dituntut untuk mempelajarinya.

Saya sering bertemu dengan teman-teman bisnis yang sungguh tidak paham  akan internet. Kalau dulu orang berkiriman surat via fax sekarang  kiriman dokumen berlembar-lembar melalui e-mail (surat elektronik).  Terakhir ini saya bekerja sama dengan tiga orang sahabat. Seorang adalah pensiunan Pekerjaan Umum dengan jabatan yang tinggi. Seorang lagi pernah bekerja di PRURI (Percetakan uang Republik Indonesia). Dan seorang saya melihat datanya berijazah MA. Sangat disayangkan bahwa mereka tidak paham akan teknologi informasi. Mereka tidak tahu tentang kirim mengirim surat lewat e-mail. Masih untung  mereka bisa memanfaatkan telepon genggam untuk kirim pesan singkat. Ketika saya mengusulkan agar kami saling berhubungan via e-mail, mereka selalu bilang kita belum buat e-mail, karena belum ada uang. Pada hal membuat e-mail itu gratis saja. Hanya dengan sedikit uang bisa mendapatkan informasi atau mengirim pesan melalui warung telkom (Warnet). Ketika saya melihat kop surat yang telah dicetak saya membaca alamat e-mailnya menggunakan www.namaperusahan@yahoo.id.com.  Ada kesan bahwa alamat e-mail seperti membuat satu website sendiri. Mereka membayangkan butuh uang untuk membuat alamat e-mail.

Seorang sahabat saya dari Korea bercerita beberapa pengusaha Korea mengeluh pada pekerjaan anak buahnya. Mengapa sudah menggunakan komputernya hasil pekerjaannya masih salah. Jadi ada anggapan bahwa segala yang dikerjakan menggunakan komputer pasti benar dengan sendirinya. Masih ada yang tidak tahu bahwa komputer hanya mengolah data. Apabila data yang masuk salah maka akan mengeluarkan hasil yang keliru pula.

Baru-baru in seorang tetangga saya. Dia ingin belajar membuat blog. Saya mengatakan mudah sekali. Cari di mesin google dan ketik saja kata belajar membuat blog atau kata apa saja akan mucnul banyak artikel yang berhubungan dan memberikan referensi. Begitu menyaksikan informasi melimpah dari mesin google, teman saya tersenyum lebar. Kini sudah punya blog sendiri.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

