Tange Potu Permainan Anak Pesisir Keo

Potu adalah benteng pertahanan dalam bahasa Keo. Tange potu artinya memperebutkan benteng pertahanan. Ini sebuah permainan anak-anak pingir pantai di Keo. Potu berupa sebuah batu besar yang ketika pasang naik permukaan batu masih muncul diatas permukaan air laut. Permukaan batu yang muncul ini dijadikan benteng pertahanan. Beberapa anak dibagi dalam kelompok. Satu kelompok berdiri diatas permukaan batu. Mereka menguasai tempat ini. Kelompok lain sambil berenang akan berusaha mendekat dan menaiki permukaan batu. Peperangan terjadi. Kami saling tendang dan menenggelamkan. Kelompok penguasa berusaha mengusir kelompok penyerang. Kelompok penyerang berusaha menarik dan menaiki permukaan batu. Tantangan tidak kecil. Akan ada yang melompat dari atas batu dan menghujamkan tendangan ke kepala atau badan penyerang. Penyerang berusaha menyelam menghindari serangan.

Permainan tange potu ini sangat asyik. Hanya dilakukan oleh anak laki yang bisa berrenang dan gesit. Karena memang permainan sangat kasar dan keras. Tendangan dan usaha kasar menenggelamkan seorang ke dasar laut. Permainan ini sangat asyik, umumnya dilakukan setelah kami lelah bermain bola, berkeringat dan kotor langsung menuju laut. Anak-anak umumnya mandi di laut. Bagi kami laut merupakan tempat mandi pada pagi sebelum sekolah dan sore selepas berolah raga main bola sepak atau lainnya.

Ketika aku kembali ke desa, sayang batu-batu besar itu sudah tidak banyak yang muncul di permukaan. Karena abarasi pantai sangat besar. Bibir pantai semakin jauh ke darat.  Pada saat ini permainan semacam ini sudah tidak banyak dilakukan. Semuanya berubah sejalan perubahan waktu dan kemajuan.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s