SAYA BISA

Setiap pekerjaan baru pasti ada tantangan. Karena masih baru pasti ada yang belum dipahami. Suatu saat saya pernah menyuruh seorang karyawan kantor kami untuk pergi ke suatu tempat. Jawabannya, saya tidak bisa. Karena saya belum tahu keadaannya, demikian katanya. Karyawan itu benar menunjukkan sikap menolak, yang membuat saya tidak mau bekerja sama dengannya. Banyak orang menolak pekerjaan-pekerjaan baru, karena belum biasa. Saya mempunyai seorang teman Cho In Jae seorang berkebangsaan Korea. Pendidikan cuma sekolah menengah. Saya diperkenalkan oleh seorang teman Korea lain untuk bekerja sama. Dia membangun relasi yang sangat luas dengan para petinggi militer. Melalui seorang militer dia membuka sebuah kantor di daerah Kalibata, Pasar Minggu. Kami kemudian membuka satu usaha industri di Cikarang. Dengan modal pas-pasan saja dia mendorong saya untuk melakukan negosiasi membeli satu unit bangunan pabrik siap pakai.

Dalam berbagai kesempatan saya bertemu teman-teman orang Korea. Kebanyakan dari mereka adalah pengusaha industri. Orang Korea yang saya kenal adalah ulet dan pekerja keras. Saya membantu mereka dalam banyak urusan. Dari teman  Cho In Jae  saya ingat adalah jangan katakan  saya tidak tahu dan tidak bisa. Atas dasar pemahaman sikapnya itu saya selalu menerima pekerjaan apa saja. Saya bisa. Itu kemudian menjadi moto saya. Karena itu pada setiap menerima pekerjaan baru, saya diam dan mempelajarinya. Berusaha mengetahuinya, dan belajar dengan mengalaminya. Tidak ada jalan lain kecuali dengan menjalankan dan mengalaminya. Harus keluar ke lapangan dan melakukannya. Ternyata kita hanya butuh dukungan dan dorongan yang membuat kita bisa melakukan sesuatu.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to SAYA BISA

  1. Rosa says:

    iya om…dukungan orang lain dapat membuat kita lebih percaya dan yakin…

  2. kris bheda says:

    konsistensi dan komitmen..saya stuju om

Leave a Reply

