Terang Benderang di Seantero Nagekeo

Listrik kelak  menerangi  semua kampung di kabupaten Nagekeo. Nagekeo termuda ini akan berubah. Semua bukit dan lembah akan bercahaya. Ini pasti idaman semua orang Nagekeo, yang kini sebahagian terbesar warganya belum menikmati penerangan listrik. Mungkinkah itu? Hal ini hanya bisa kalau sumber energi terbarukan digarap.  Seorang datang kepadaku dengan informasi yang menggembirakan. Saya begitu entusias.  Katanya listrik tenaga air bisa dihasilkan dalam sebuah wadah air yang diam. Seorang anak cerdas Indonesia telah menemukan sebuah wadah air 3 x 4 meter  cukup untuk menghasilkan tenaga listrik 5000 watt. Kalau ini benar, saya membayangkan tidak ada lagi kampung yang  gelap di malam hari.  Dengan penemuan ini  pasti semua kampung bisa mempunyai listrik siang dan malam.

Menerangi seluruh Nagekeo butuh biaya yang tidak sedikit. Dengan menggunakan pembangkit listrik yang ada butuh tiang dan instalasi berbiaya tinggi. Saya masih ingat di kampung biaya pemasangan tidak sedikit apa lagi bagi orang kampung berpenghasilan tidak tetap. Penggunaaan listrik tenaga air baru ini tidak membutuhkan instalasi jaringan yang terlalu panjang. Setiap kampung bisa memiliki pembangkit sendiri.  Sayang sampai sekerang sang produsen masih belum menghitung berapa biaya untuk instalasi pembangkit listrik baru ini. Saya telah mengajukan usulan agar Nagekeo menjadi tempat uji coba. Semoga terang itu segera tiba, biar kegelapan sirna.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s