Kaka Kodi Sebuah Keindahan Yang Terabaikan

BARU JKT 829Terik matahari siang  menerpa ubun-ubun. Aku memarkir kendaraanku di pelataran parkir Plaza Cibubur. Tanpa rencana tenda pameran tanaman hias di depan Plaza Cibubur  di area parkir sekejap merampas perhatian saya. Dari sekian banyak tanaman hias yang menarik, saya lebih terpikat dengan beberapa pot tanaman. Harganya Rp. 250.000 per pot yang  membuat saya kaget.  Ini anggrek macan, kata penjaga pameran.  Saya memegang daun dan kembangnya. Lalu saya berkata ini adalah tanaman yang disia-siakan di Keo Tangah. Ini adalah kaka kodi. Kaka Kodi demikian nama untuk tumbuhan yang menumpang pada pohon kodi (lontar). Disebut kaka kodi, karena tanaman ini menempel (kaka) pada kulit batang pohon lontar (kodi). Tanaman ini terkadang dianggap mengganggu para penyadap nira lontar ketika mengikat batang bambu aur sebagai penapak  untuk memanjat pohon lontar.

Nilai tidak tergantung pada benda, tetapi lebih pada siapa melihat dan menghargainya.  Demikian pun halnya keindahan. Keindahan  menyangkut selera.  Kata orang urusan selera tak bisa diperdebatkan.  Hal yang biasa  biasa saja dapat mengundang decak kagum bagi orang lain.  Kaka kodi  (anggrek macan dan anggrek bulan)yang dicabik-cabik  dan dihempas ke tanah oleh pengiris tuak di Romba naik pentas dan dihargai orang kota.  Sambil terus mengingat pesan penjaga pameran  agar bawa saja sebanyak-banyaknya, saya terus menuju gedung mencari makan siang ditengah banyak orang berpuasa.  Kaka kodi, nggela, kewi tua, kuwu tua dan Mauromba tak henti  terngiang di kepala. Semuanya jauh tertinggal di sana.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s