Jimy Mirip Saya Dalam Budaya Mengenakan Alas Kaki

Beberapa kali saya menghubungi adik saya Anton. Bersama isterinya Emi mereka menghantar Jimy ke rumah sakit. Perjalanan dari Romba dengan bis kayu. Bis kayu adalah sebuah truk kayu.  Tempat duduk  terdiri dari papan yang ditempatkan melintang dari kiri ke kanan bak kurang lebih dua puluh cm dari bibir bak. Setelah satu papan pertama dinding bak truk. Kesulitan paling utama penumpang dari kampung Romba adalah mereka termasuk penumpang pertama dalam kendaraan umum itu. Kendaraan meninggalkan wilayah itu sekitar jam 4.15 WIT pada saat masih gelap.  Jam 6.30 kendaraan sudah sampai di Raja. Atas inisiatifku mereka turun dari kendaraan di Jawa Gae, dan berhenti menunggu kendaraan selanjutnya di rumah kakak kami Mill Jaganio.

Melanjutkan perjalanan ke Maumere dengan kendaraan umum tentu tidak mudah. Perjalanan menjadi sedikit lebih ringan dengan menggunakan kendaraan  Avanza,  sebuah kendaraan yang saya  bawa dari Jakarta dan masih tertinggal di Flores.  Setelah  memperbaiki kendaraan sebentar di Ende, mereka melanjutkan perjalanan dan tiba di rumah Sakit Lela sore hari.  Sebelum masuk rumah sakit mereka berhenti sejenak di sebuah kios untuk membeli sandal. Jimmy tidak mengenakan sandal, karena sandalnya tertinggal di Ende. Pengalaman yang sama terjadi padaku. Saya masih sering naik kendaraan atau meninggalkan suatu tempat tanpa sandal. Saya juga lupa mengenakan sandal atau sepatu. Maklum memakai  alas kaki masih belum membudaya dalam masyarakat saya.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

