PILE RI’A ADALAH PEMALI ADAT KEO

 Pile ri’a terdiri dari dua kata. Pile itu pemali. Ri’a adalah baik, boleh atau diperkenankan. Pemali adalah larangan yang berlaku abadi. Kata pile ri’a berhubungan dengan hukum adat berbentuk larangan dan hal-hal yang diberbolehkan. Pile atau pemali berkaitan dengan banyak  larangan-larangan yang berbau mistik. Berbagai pemali seperti : Jangan bercanda sambil memukul pada senja hari. Jangan berhubungan suami isteri pada malam pembuatan Peo (monumen adat keo). Jangan memotong kuku malam hari. Jangan bersin pada upacara adat berjalan. Dilarang meninggalkan rumah sebelum perlatan makan dicuci… dan banyak lain lagi. Hidup penuh jangan ini dan jangan itu. Hidup dalam hukum adat hidup penuh pemali. Hidup dalam penuh kendali. Ma’e danggga dedo. Jangan melanggar.

Selebihnya adalah ri’a. Ri’a artinya baik dan boleh dilakukan. Kata ri’a biasa dikenakan pada  jalinan hubungan kekasih. Ada hubungan yang diperkenankan. Dalam hubungan tali perkawinan Keo dikenal dengan menikahi anak om. Saudara ibu sebagai pemberi anak wanita bagi putera saudarinya. Orang keo, semua saudara yang berkaitan dengan bapak semua anak menyapanya bapa. Sementara semua saudara laki yang berkaitan dengan relasi ibu dipanggil paman (mame), yang diberi gelar hormat sebagai embu mame. Pihak embu mame merupakan pihak yang dapat memberi ijin anak wanita dinikahi putera dari anak ine weta (saudari) dari kerabatnya. Hubungan perkawinan incest dan terbalik adalah pemali. Dilarang.

Hubungan sosial tali persaudaraan serumpun dibina dengan secara terus menerus menjalin kasih dan pembentukan keluarga baru selama diperkenanakan adat dengan kata ri’a (baik dan boleh, diperkenankan).

Advertisements

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s