BAHASA DAERAH DALAM BLOG

Setiap orang memiliki bahasa daerah. Bahasa daerah disebut bahasa ibu, bahasa yang kita gunakan sehari-hari. Inilah bahasa yang  pertama diajarkan ibu kepada anaknya. Saya bukan seorang berilmu bahasa. Karenanya saya tidak mau banyak omong tentang bahasa. Yang ingin saya katakan sebenarnya, akhir-akhir ini banyak pengunjung blog ini yang berasal dari desa saya. Sesungguhnya tidak dibilang banyak. Karena hanya sedikit orang desa saya yang berhubungan dengan dunia maya (intene).

Ada dorongan untuk sering menggunakan beberapa kata dalam bahasa daerah. Maaf bagi pengunjung yang tidak berbahasa daerah pesisir selatan Nagekeo. Semuanya saya lakukan hanya untuk sekedar menghidupkan kata-kata bahasa ibuku. Karena ada yang menilai sombong kalau tidak bisa lagi berbicara dalam bahasa ibu. Sebagai obat penenang saya akan selalu bicara dalam bahasa daerah bila  bertemu orang sekampung di perantauan.

Melalui blog ini saya akhirnya bertemu saudara-saudara serantau dan sekampung halaman pu’u dau willi ma’u. Inilah yang membuat saya dan bloggers willi ma’u saling menyapa dalam bahasa ibu dau willi ma’u. Tidak ada yang salah, ini adalah media blog, ini adalah journal harian dan catatan pribadi yang terbuka. Mau omong apa, mau kata apa, salah apa benar itu semau gue. Peduli amat sejauh jangan jauh langkah  mengganggu orang lain. Saya menghimbau teman-teman sekampung, silahkan memasuki halaman-halam khusus dalam blog ini, silahkan berekspresi dalam bahasa sendiri. Sai ta mbeo, ke tungga pata kita. Modo ngedo.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

