WANITA MUDA CANTIK DAN JAWARA TANAH

Hari sudah menjelang malam. Lampu mobil sudah harus dinyalakan. Saya dan teman keluar dari jalan tol Cilegon belok kekanan ke Bojonagara. Lokasi yang akan dibeli oleh sebuah perusahaan untuk pabrik dan pelabuhan minyak sawit. Saya menyalib beberapa kendaraan dengan agak cepat dan sampai ketempat tujuan persis di bibir pantai desa Argawana. Selang beberapa saat masuk sebuah sedan merah, mereka para calo tanah. Ada seorang calo atau biong didamping seorang kepala desa yang kami tunjuk untuk menghubungi kami dengan calo. Dan seorang lagi seorang pegawai dari Badan Pertanahan. Bisnis tanah adalah bisnis jaringan. Saya dan teman adalah penghubung dengan pembeli tanah. Dan sebelum berhubungan dengan pembeli kami berhubungan dengan perantara, seorang yang ditunjuk untuk mencari lokasi. Itulah mata rantai urusanh tanah. Pemilik lahan asli, petani atau penggarap. Pemilik asli adalah warga masyarakat yang sejak kecil dilahirkan dan besar serta hidup dari tanah leluhur. Dan tanah leluhur biasanya adalah tanah garapan. Setelah lama menggarap mereka memenuhi kewajiban membayar pajak bumi. Pemilik biasanya hanya memiliki surat bukti garapan atau girik tanah. Spekulan tanah adalah orang yang berspekulasi akan kemungkinan gejolak harga sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Spekulan menangkap peluang bisnis, mereka membeli lahan dari masyarakat dengan harga yang sangat murah.  Harga semeter tanah setara satu sisir pisang atau seporsi nasi bungkus.  Ada calo tanah yang memiliki informasi tentang niat para spekulan untuk menjual tanah. Calo ini berusaha mendapatkan informasi pertama, menjalin hubungan baik dengan pemilik tanah atau spekulan tanah sebagai pemilik kedua.

Jual beli tanah adalah bisnis yang spektakuler. Harga tanah yang begitu murah dijual kembali dengan berlipat ganda , bisa membuat pemilik tanah menjadi miliyarde sesaat. Dan karena itu setiap orang yang berhubungan dengan urusan jual beli tanah berenang dalam arus uang yang besar. Karena itu para pemilik, para calo dan perantara memiliki peluang untuk mengantongi banyak uang.

Uang jadi raja. Ketika seorang memiliki banyak uang, keinginan untuk memperoleh sesuatu terus bertambah. Yang menonjol dalam bisnis ini adalah begitu banyak calo tanah yang mempunyai isteri muda dan cantik. Uang seperti bisa membeli segalanya termasuk wanita cantik. Malam itu setelah makan malam dengan para calo, kami pergi ke sebuah rumah di sebuah kampung. Rumah yang kami tuju adalah rumah mertua seorang kepala desa dari wilayah lain, yang jauh dari situ. Teman kami, calo tanah itu berbadan hitam kelam tinggi dan sudah agak tua. Ketika kami masuk kami disuguhi minum oleh seorang wanita ayu dan masih sangat muda. Dan teman saya langusng menyapa sebagai ibu lurah. Dia adalah isteri simpanan pak lurah, yang juga calo tanah. Seorang teman saya pernah bercerita bahwa di daerah Karawang, Bekasi banyak wanita haji. Tetapi kini mereka menjadi janda-janda muda. Pada umumnya haji. Keseharian tidak lebih baik dari wanita lain, bahkan buruk. Mereka dengan mudah menerima tamu lelaki, setengah jual diri. Mereka hidup sederhana. Mereka adalah janda-janda dari para calo tanah. Ketika uang komisi bertumpuk, mereka mengambil isteri muda dan naik haji. Dan ketika semua uang numpang lewat dan ludes para calo menjadi miskin  serta  kembali kepada isteri tua. Itulah kehidupan para calo tanah. Bisnis tanah bergelimang uang dan menarik wanita. Ketika banyak duit para calo laksana jawara. Semua bisa ditaklukan apalagi wanita ayu dan lemah.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to WANITA MUDA CANTIK DAN JAWARA TANAH

  1. amridonk says:

    nitip bu
    Tanah di Jual
    tanah Untuk Usaha di JAKARTA SElatan
    di jl. radio dalam raya
    samping bank panin,
    1574M2

    kirinya dia showroom toyota,
    kanan nya bank panin

    dijamin ga bermasalah

    lokasi strategiskan

    lokasi usaha ,Pinggir jalan raya

    Hub : amri +6281322329363

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s