AMBISI JADI ORANG NOMOR SATU NAGEKEO

Tadi pagi saya ditelepon oleh seseorang, yang saya kenal sangat baik. Dia mengatakan kepada saya ambisinya untuk menjadi orang nomor satu di kabupaten baru ini. Bahasa menyampaiannyaa tentu tidak to the point, tetapi tunjukannya jelas. Saya heran  karena di mata saya dia  tidak  memilki rekam jejak langkah apapun termasuk dalam kehidupan pribadi yang istimewa.  Hanya bermodalkan ambisi dan berwira wiri mencari informasi dianggap sudah berbuat sesuatu.

Saya lalu menyodorkan sebuah fakta. Ada pergunjingan siapa bakal calon ketua partai politik pohon beringin yang begitu rimbun, karena berjibulan anggota dan kader berbakat. Tiga tokoh yang menonjol saat ini. Mereka menonjol bukan karena kiprah dalam dunia politik. Karena dunia keseharian  mereka adalah dalam dunia ekonomi. Mereka dikenal karena jejak langkahnya isitimewa dan menonjol di bidang yang satu ini.

Kembali kepada penelpon tadi. Keinginannya seperti menggantang asap. Usaha sia-sia.  Ada keinginan menggapai modal hanya untuk mendapatkan kedudukan. Siapa yang mau membiayai keinginan seorang untuk mendapatkan sebuah posisi. Mungkin menurut pencari kuasa ini, kuasa bisa jadi komoditi dan alat industri menghasilkan segalanya.  Bila orang membeli kursi dan kekuasaan, maka jelas kekuasaan harus mampu menutupi semua biaya. Pertanyaan kita benarkah dia seorang pemimpin atau memang dia perampok. Ya Tuhan jauhkan pemimpin jenis ini dari desaku.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s