MBELI BUMBU KHAS KEO TENGAH

Mbeli (e seperti bebek)  adalah sejenis penyedap rasa makanan khas Keo Tengah. Mbeli adalah jenis bumbu yang terbuat dari daging buah  kelapa. Ada daging kelapa yang tidak bisa dipakai lagi untuk santan, karena busuk, atau juga bisa dari jenis  minyak yang ada dalam daging kelapa yang sudah berkecambah. Orang Flores sering mengumpulkan buah kelapa dalam jumlah besar baru diolah untuk kopra. Karena masa tungguh terlalu lama sering banyak kelapa berkecambah, tumbuh menjadi bibit kelapa. Bila kelapa ini dibelah maka ada bulatan dalam kelapa yang memberikan pasokan pada bibit kelapa. Pada daging kelapa ada sejenis lemak daging kelapa. Jenis lemak ini dikerok dan dikumpulkan kemudian disimpan dalam buah kelapa untuk mengalami proses pembusukan.

Kwalitas mbeli tergantung dari proses pembusukkan daging   kelapa. Proses berjalan baik bila dijaga kebersihan dan tertutup baik. Bila tidak akan rusak dan berulat. Mbeli digunakan sebagai bumbu untuk masakan daun pepaya. Mbeli bisa juga langsung diaduk dalam sambal seperti terasi kemudian dipakai lalaban mentah. Kalau di daerah lain ada terasi, taucho, oncom atau keju busuk di Belanda maka kami orang Keo punya mbeli. Tetapi jangan tanya orang Keo apakah masih ada  mbeli saat ini. Mbeli seperti menyeret kenangan pahit, masa paceklik, kini orang Keo sudah sedikit maju mengolah lahan. Semuanya cukup tersedia disana kecuali beras yang masih harus didatangkan. Sebahagian menikmati hidup miskin sebagai berkah dapat beras orang papa tanpa biaya.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in DAPUR KAMPUNG and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s