DAPUR NAGEKEO KULINER TAK TERGARAP

Kuliner bearasal dari kata bahasa latin culina (dapur). Bona  culina bona disciplina. Pepatah Latin yang berarti bila urusan dapur beres, hidup pasti tertib. Kuliner otomatis berkaitan dengan dapur tempat mengolah makanan. Indonesia dengan bergai suku dan kebudayaan tentu memiliki aneka cita rasa makanan khas daerah tertentu. Mencicipi cita rasa Indonesia tak ada habisnya.  Menyangkut rasa nikmat cicip mencicip tak bisa dipertentangan. Setiap daerah  punya cita rasa dan kebanggaan khas daerahnya. Mengolah makanan merupakan sebuah kebudayaan.  Beragam budaya dengan aneka citarasa.

Omong tentang cita rasa makanan khas daerah, sering ada pertanyaan apa makanan khas Nagekeo. Pertanyaan semacam ini berkali-kali dilontarkan. Bingung juga menjawabnya.  Yang berkaitan dengan urusan dapur atau makanan pasti ada makanan kecil, jajan atau jenis makanan khas yang dapat dijadikan buah tangan. Dan ada makanan  sehari-hari dan mengenyangkan bercita rasa khusus, unik dan hanya di satu daerah. Bagaimana dengan Nagekeo. Saya ingin suatu waktu akan terangkat isi dapur orang Nagekeo.

Beberapa jenis makanan khas orang Keo  seperti Ae Lame (sejenis bubur dengan banyak air),  ada uwi lame, Ke’o lame. Ada tabha (bubur yang kental, seperti bubur ayam), berkaitan dengan tabha ada pale (are) tabha, mbue kaju tabha. Berkaitan dengan singkong atau ubi kayu ada uwi punga, uwi kaju ndota (singkong rajang halus) dikukus kemudian disajikan makan bersama ikan kua asam (ae ika).  Ada jenis loto, utambue loto (daun disobek dan direbus bersana bumbu ringan), sanat sedap dikawinkan dengan ikan asin goreng campur sambal. Masih banyak yang khas Nagekeo. Saya mengharapkan  suatu waktu akan tersusun daftar kuliner Nagekeo, yang kemudian disiapkan resepnya. Dalam pikiran saya kelak akan ada Kuwu Keo, sebuah restoran Keo dengan sejumlah menu khas. Dan kelak orang akan bilang ini khas Nagekeo, tatkala pembangunan perumahan berciri khas daerah serta jenis  pangan olahan punya cita rasa khas. Unik ciri dan citra rasa ata Nagekeo.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in DAPUR KAMPUNG. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s