AIR LAUT SAWU GANAS MENGHEMPAS DARAT

Berita Kompas hari ini menarik perhatianku. Air laut semakin jauh melewati batas pantai. Air sudah mengenangi rumah-rumah setinggi lutut di Tanjung, kecamatan Ende, Flores.  Sebuah lonceng tanda bahaya bagi warga pesisir selatan Flores. Saya jadi teringat akan rumah orang tua kami yang sangat dekat dengan bibir pantai kurang dari 100 meter. Jarak sumur umum di kampung kami, Mauromba, Keo Tengah dengan pantai hanya sekitar 20 meter. Sumur ini adalah sumur paling tua yang berada di pesisir Keo Tengah. Sebuah sumur, yang sampai saat ini masih jadi andalan pada saat pipa patah.

Gerusan ombak semakin mencemaskan hati penduduk pantai. Manusia seolah tak berdaya menghadapi kekuatan alam ini. Pantai di wilayah kecamatan Keo Tengah, Nagekeo, yang dahulu penuh pandan berduri dan pohon ketapang, beringin dan kelapa, kini tinggal hamparan batu-batu bulat. Di depan kantor desa Worowatu, hempasan air laut sudah mendekati jalan raya.  Beringin besar di Mauromba yang berada dipinggir laut habis dimakan ombak. Juga sebuah mesjid di Daja tinggal sedikit puing tersisa, juga disapu ombak. Kalau bicara tentang perobahan yang ada di wilayah ini adalah perobahan jarak bibir pantai dengan jalan raya. Dari hari ke hari semakin dekat. Dan ini berarti air laut semakin naik ke darat. Tidak ada satu usaha apa pun dari masyarakat untuk menghalangi hempasan ombak mengggerus daratnya.

Singapura telah memperluas bibir pantai dengan timbunan tanah kerukan  asal pulau-pulau Indonesia. Banyak pulau negeri ini tenggelam sia-sia. Pantai Mutiara dan Ancol merupakan contoh usaha manusia  Indonesia memperluas darat dengan reklamasi pantai. Kapan orang Nagekeo berpikir akan mereklamasi pantai  atau paling sedikit menjaganya? Ini sebuah kerja rumah bagi kita semua terutama yang punya kuasa.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s