UANG TIDAK MENJADI SEGALANYA

Tadi saya duduk -duduk di depan rumah kami bersama isteri. Seorang teman menginginkan saya untuk keluar lagi malam hari untuk bertemu dan nongkrong di suatu tempat sambil minum. Saya akhirnya menolak permintaan itu dengan berdalil ada tamu di rumah. Yang paling menyenangkan saya sejak saya berkeluarga adalah berada di rumah. Saya bisa menjadi diri saya sendiri kalau di rumah. Saya berpakaian sekenanya. Duduk seenaknya. Kalau ingin makan, cara saya menyantap makanan tidak berbasa basi seperti kalau saya bersama teman di tempat ramai. Di luar rumah, dimana saja selain rumah sendiri saya harus menjaga etiket dan bertingkah laku layak tonton. Saya tidak menjadi saya. Saya berlaku hidup sebagaimana pantas dilihat orang. Saya berbuat untuk kepentingan orang lain. Saya harus menjadi seperti yang digambarkan orang.

Rasa nyaman, kerasan atau rasa di rumah (at home) memberikan rasa bahagia. Perasaan seperti ini tidak ditentukan oleh berapa besarnya harta atau uang yang dimiliki. Kebahagiaan adalah sebuah kenyamanan batiniah. Kebahagiaan adalah suasana hati, bukan barang dan juga bukan uang. Tayangan televisi menyajikan berbagai berita para selebriti yang cantik dan berduit pula tetapi penuh dengan prahara keluarga. Mereka tidak bahagia bersama. Ada dua mata acara televisi yang dipandu oleh Helmy Yahya dan Anjas Asmara membuka mata kita bahwa begitu banyak keluarga bermasalah. Mereka tidak merasa nyaman dalam rumah mereka sendiri. Dan dalam acara terbuka mereka nampak brutal dan tidak mampu mengendalikan rasa mereka. Ada yang sampai berhantam dan saling mengatai. Pada hal mereka adalah orang-orang berduit. Sungguh ini mayakinkan kita bahwa uang, harta benda tidak menjadi segalanya. Kebahagiaan bersama isteri dan anak-anak pertama dalam skala prioritas.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s