Agama Jelek Tapi Orangnya Baik.

Agama menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah segenap kepercayaan (kepada Tuhan, Dewa dsb) serta dengan ajaran kebaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan itu. Seorang yang beragama berarti orang tersebut mengakui adanya yang ilahi dan kekuatan super human, yang menguasainya. Dan karenanya dia harus patuh dan menyembahnya. Ada ikatan antara manusia dengan kekuatan ilahi atau Tuhannya. Dalam bahasa Inggeris agama disebut religion, yang berasal dari bahasa Latin religio ( re= kembali dan ligare = ikat ), mengikat kembali atau mengikat bersama-sama. Ada ikatan tak terpisahkan antara Tuhan dan manusia. Agama menjadi sebuah pemikiran dan sikap hidup   dalam mengungkapkan cinta dan percaya pada Tuhan.

Sikap keimanan atau agama seorang terwujud dari perbuatannya. Seorang wanita Betawi yang Muslim mengatakan kepada seorang haji temanku tentang apa yang telah saya buat dalam membantu seorang teman bahwa agama saya jelek, tapi hatinya baik. Haji yang tahu akan sikap saya mengatakan dengan terus terang ungkapan berbau SARA itu.  Wanita Betawi tidak sendirian. Seminggu lalu saya ikut berbagi duka dengan Haji teman saya dari Kuningan ketika ibunya mengahadap sang Khalik. Atas tindakan dan perbuatan berbela rasa, ada pergunjingan yang mengatakan :” pada hal dia orang Kristen tetapi hatinya baik”.

Kisah ini tidak untuk menunjukkan siapa saya. Tetapi saya mau katakan bahwa agama apa saja tidak penting. Karena bisa saja sebuah kepercayaan atau aliran sesat. Tetapi hidup baik akan lebih terpuji. Saya tidak menjadi malu dikatakan agama Katolik saya jelek. Tetapi  saya berbangga kalau dikatakan bahwa perbuatan saya yang adalah cerminan iman dan kerpercayaan sungguh mewartakan kebaikan. Iman tanpa perbuatan tidak ada artinya. Artinya wartakan saja melalui perbuatan baik.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s