BELAJAR MENULIS MELALUI BLOG

Terus terang saya termasuk orang yang tidak suka menulis, termasuk menulis catatan kuliah. Saya masih ingat seorang teman saya Anton Riberu, dia seorang yang sangat rapih membuat catatan kuliah. Dia membuat ringkasan rapih dan memberi catatan penting pada bagannya. Tulisannya juga bagus, mungkin karena terasah karena biasa membuat catatan. Bersama teman saya Onesimus Jaman, kami lebih senang berdiskusi.  Berdiskusi mengandalkan ingatan, yang terasah melalui pengungkapan verbal. Itu berarti kami mengeluarkan suara. Kelompok kami tentu tidak disukai kalau berada di ruang belajar. Kami belajar di luar ruang dan sering bermarkas di kebun tanaman bayam di dekat ruang para dosen.  

Kebiasaan meringkas dan menulis ternyata mempunyai nilai plus dalam hal mengungkapkan pendapat melalui tulisan. Dan sebaliknya  saya mengalami hambatan untuk urusan tulis menulis. Saya lebih senang beradu pendapat dalam forum terbuka dari pada membuat catatan-catatan. Ini yang kini saya rasa sebagai sisi negatif. Saya kurang terbiasa menulis. Dan karena itu tulisan tangan saya pasti jauh dari bagus.

Saya sudah membuat beberapa blog dan melaluinya saya belajar menggunakan teknologi modern dalam hidup sekaligus saya belajar mengungkapkan pikiran saya melalui tulisan. Karena merasa kurang dalam kemampuan  menulis, saya terus saja menulis apa saja yang ingin saya katakan. Sadar sepenuhnya bahwa dengan ini tidak berarti saya sudah  sukses menulis. Paling kurang saya sudah berbuat dan belajar menuangkan pikiran melalui tulisan  “Action may not always bring success, but there is no success without action.” (Greg Phillips – Benjamin Disraeli)

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

