44 TAHUN KOMPAS (28 JUNI 1965 – 28 JUNI 2009)

Ketika bangun pagi, saya segera tahu ini hari Minggu. Ada kebaktian pada jam 6.00, jam 8.00 dan jam 18.00. Dan saya memilih jam 18.00. Setelah membuka pintu rumah, mata saya tertuju ke gerbang rumah. Terselip di pagar besi koran KOMPAS, yang telah lama menjadi sarapan dan sekaligus menjadi jendela saya mengintip dunia.  Hari ini istimewa. Pada halaman muka ada tulisan angka 44 Tahun KOMPAS, MEMBANGUN OPTIMISME BANGSA. Yacob Oetama menulis judul Refleksi 44 Tahun Harian Kompas.

Kompas merupakan sebuah surat kabar dan sekaligus  sebuah lembaga organik. Terus bertumbuh, berkembang menjadi sebuah sosok yang berkpribadian. Dan menurut Yacob Oetama, Kompas telah begitu mengemuka dan dikenal sosoknya dan pantas dikatakan “yang dipertuan” atau un monsieur.  Sebagai pribadi, dia harus punya pandangan dan falsafah sebagai acuan dan inspirasi untuk terus bertumbuh dan berkembang.

Saya telah berlangganan Kompas lebih dari 30 tahun. Beberapa Majalah pernah diorder secara rutine, tetapi akhirnya saya hentikan karena kebentur biaya. Tetapi saya tidak pernah berhenti berlangganan dan membaca Kompas betapapun saya dalam keadaan nganggur. Kompas itu sudah menjadi bagian dari kehidupan pribadi saya. Kompas telah menjadi kopi pagi dan sarapan. Kompas telah jadi teman, guru dan jendela dunia bagi kami sekeluarga. Isteri saya yang biasanya tidak membaca, kini suka membaca terimewa sejak reformasi.  Anak-anak saya mendapatkan pekerjaan melalui iklan Kompas, yang dibaca oleh ibunya. Ibu anak-anak saya membaca, menggunting iklan itu dan diam-diam mengirim surat lamaran. Selamat Ulang Tahun KOMPAS.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

