NGOKA KURA DI DOWO NOLI

Ngoka adalah salah satu cara menangkap udang dan ikan kali di Maunori. Caranya Kali dibendung dan dipindahkan alirannya. Ketika airnya dipindahkan maka saluran menjadi kering dan menyisahkan lekukan-lekukan berair disana terjadi penumpukkan ikan dan udang. Orang akan beramai-ramai membuka batu-batu di kali yang mulai mengering untuk mendpatkan udang dan ikan.

Kegiatan menangkap udang dan ikan cara ini biasanya dilakukan secara bergotong royong. Kegiatan membendung dan mengalihkan aliran sungai dilakukan pagi samp;ai siang hari. Kegiatan menangkap dilakukan setelah aliran air sudah sangat sedikit karena air sudah  berhenti mengalir dan meresap kadalam tanah. Pada saat itu suasana sangat ramai. Orang berjingkrak-jingkrak menangkap udang dan ikan yang melompat karena kekeringan. Cara menangkap seperti ini tidak dilakukan setiap tahun, karena ada karifan lokal untuk menjaga kesinambungan hidup sumber pangan.

Ngoka kura (menangkap udang) sudah lama ditinggalkan karena ada peningkatan ekonomi masyarakat yang cukup signifikan. Saat ini cengkeh, jambu mete, kako dan vanili telah menjadi sumber keuangan yang menjanjikan. Masyarakat mulai melupakan kebiasaan berburu udang dengan cara “ngoka” dan tidak pernah lagi terlintas memburu tikus hutan dan reptil biawak untuk dijadikan makanan. Ngoka Kura di kali Maunori  sedikit cerita dari banyak kisah untuk dikenang.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s