MEMBACA NASIB DI HATI BABI

Ketika saudari saya yang baru saja menikah dan pindah ke rumah mertua datang lagi (rengga da’e) ke rumah orang tuanya, yaitu rumah kami. Rengga da’e adalah suatu kunjungan kembali seorang pengantin yang baru pisah dari orang tua. Pada saat pengatin wanita telah menikah dan diselesaikan segala urusan mas kawin, keluarga pengantin laki akan membawa serta pengantin puteri. Pihak keluarga wanita akan mengiringi kepergiannya dengan membawa babi dan sarung serta beberapa baang yang dianggap perlu dibawa.  Pada saat rombongan tiba di keluarga pengatin laki, akan diadakan jamuan khusus. Biasanya semua tamu menginap semalam. Ketika akan kembali semua penghantar diberi penghargaan. Pemberian berupa  emas, hewan atau uang diberikan kepada setiap orang. Uang biasa diberikan kepada anak-anak.

Pada acara-acara adat seperti membangun rumah (wake sa’o), upacara anak bayi turun tanah(dhodho ana), atau seperti rengga da’e biasa ada babi disembelih untuk perjamuan. Hati babi diambil secara hati-hati agar tidak cedera. Dan ada orang yang membaca dari urat-urat di hati babi. Saya masih ingat ketika upacara “rengga da’e” kakak saya, pembaca hati mengatakan ada musibah di keluarga besar kami dalam waktu dekat. Dan tidak lama seorang kerabat kami ternyata jatuh dari pohon lontar. Nasib baik dan buruk dapat dilihat dari guratan hati. Tidak semua orang memahami bahasa hati apalagi bahasa hati babi.

Advertisements

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s