DAPUR TRADISIONAL RUMAH ORANG KEO

Bangunan rumah tradisional Nagekeo biasanya terdiri dari tiga tingkat. Pertama terdiri dari tenda wena, tenda wawo dan todo. Tenda wena biasa digunakan untuk menyiapkan makanan ternak dan sebagian untuk duduk ngaso dan menerima tamu sekedar merokok dan menikmati kopi tanda persaudaraan. Bila tamu agak khusus diajak naik ke tenda wawo.  Tamu khusus biasa duduk diatas tikar dan disajikan minuman dan berkelanjutan makan bersama. Todo berada pada tingkat ketiga biasa dibuat sekat sebagai ruang tidur. Dapur rumah biasa berada di ruang tingkat tiga atau berada pada ruang tingkat dua bila hanya terdapat dua tingkat. Dapur dibuat dengan membuat kotak pembatas bersegi empat dialas daun kemudian ditutpi tanah secukupnya sebagai tempat mendirikan tungku batu. Disamping kotak segi empat terdapat onggi (tempat kecil sebagai penyimpan kayu bakar.

Pada saat ini bangunan rumah sudah dibuat satu tingkat didalamnya terdapat ruang tidur, ruang tebuka untuk keluarga, yang berlaku untuk ruang tamu dan tempat makan bersama. Dapur saat ini umumnya dibangun secara terpisah. Lihat rumah di bawah ini. Ada rumah, ada dapur di kiri dan kamar wc di kanan.

UMUM 609

Advertisements

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s