INGIN MELUPAKAN YANG TERINGAT

Isteri  saya orang Jawa Menado kelahiran Jakarta. Pernah sekali kuajak pulang kampung. Yang  paling dingatnya adalah bau menyengat yang dihirupnya dan pemandangan menjijikan dipantai Ende. Beberapa orang duduk sambil bercengkerama dengan berselimut kain sarung. Ende terkenal dengan toilet terbuka di samping rumah dan pingir laut.  Toilet pinggir pantai masih ada sampai sekarang.  Yang mulai berkurang adalah galian galian tanah samping rumah seperti kucing menyembunyikan  kotorannya.

Baru-baru ini teman saya Albert menghidupkan lagi kenangan akan kakus orang Nagekeo. Kalau di pulau Jawa ada jamban diatas kolam ikan, maka yang ada di Nagekeo jamban berada diatas ternak babi. Bagi yang belum tahu, biar saya kasih tahu. Pada saat anda membuka  celana dalam, babi akan segera menyapa dengan dengus khas ..huung…..huung….. Babi segera mengarahkan moncongnya mengarahkan ke bagian yang paling anda tutup demi kesusilaan. Tentu bukan karena tertarik dengan keindahannya. Tetapi dia mengharapkan bisa menikmati asupan makanan dari hasil buangan anda.  Dan terkadang kepala babi berlumuran kotoran beraroma khas itu. Jangan pernah anda tengok ke bawah, karena itu berarti anda siap menambah makanan babi dari perut anda yang keluar melalui jalur lain.  Isteri saya mengulang cerita detail dari teman saya Albert di rumah Om Laurens di Bogor. Saya sudah lama melupakan ingatan itu, tetapi isteri saya menghidupkan cerita menyambung teman saya Albert.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

