Nagekeo Menawan

Dalam dua kali kunjungan terakhir ke Flores, saya merekam sudut-sudut indah di Nagekeo. Kaktus (Kalo sela) yang sedang berbunga di daerah Aeramo ternyata juga memikat. Pada malam hingga pagi hari kita bisa menikmati  kaktus menampilkan pesona kembang berwarna putih di pagar-pagar disepanjang jalan perkampungan Aeramo. Sayang saya belum sempat ke pantai Utara termasuk Riung. Tetapi wilayah Selatan, pantai pasir putih Mauwedu, air terjun dekat pelabuhan Maumbawa, dan lekuk indah teluk dan semenanjung yang menjorok di laut biru begitu memikat.

Seorang wanita yang menikah dengan orang Daja, begitu terkagum-kagum ketika saya memperlihatkan foto-foto itu. Dia begitu bersemangat meminta suaminya mengajaknya pulang kampung . Sang suami hanya bisa tersenyum karena biaya pulang pergi ke kampung bukanlah ongkos yang murah mengingat mereka mempunyai dua orang anak laki-laki lucu.

Teman saya seorang pemain dalam pembebasan tanah begitu bergairah ketika saya memperlihatkan foto-foto yang saya ambil dari Roe menuju Mbay. Kegersangan rumput musim panas dan hamparan tanah datar Mbay dikejauhan ternyata begitu menggairahkan hatinya. Dia begitu memohon kepada saya untuk segera membawanya ke Flores. Dia tertarik dengan lahan luas yang bisa dibebaskan untuk keperluan para investor asing yang berminat dalam budidaya tanaman pisang serat untuk bahan baku kertas serta tanaman jarak untuk bahan bakar alternatif. Nagekeo memang menyimpan daya tarik yang membanggakan saya sebagai putera daerah.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

