Menggantang Harap Di Kampung Halaman

UMUM 624Setelah sekian lama menetap di Jakarta dan makan asam garam, pahit pedasnya suguhan kota ini, saya melihat lagi berkali-kali kampung halaman saya. Lama kunjungan saya di Nagekeo terakhir sekitar 40 hari. Total waktu dua kali kunjungan terakhir adalah 65 hari. Dengan kendaraan sendiri saya sudah berkeliling ke berbagai tempat. Jalan raya dari Raja ke Maunori hingga Bengga bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Saya menggunakan Avanza. Kondisi jalan Raja Maunori sebahagian besar mulus.  Sedikit mencemaskan adalah di Mabharobo dan wilayah Kotakeo karena beberapa lubang menganga. Dan juga ada bibir jalan yang pecah karena berkebun sampai pinggir aspal pada sisi yang mudah longsor. Akibatnya ada bagian yang patah. Lubang yang paling dalam berada di Dobe persis di tikungan sesudah gereja (bila kita dari Raja).

Yang paling mengagumkan saya adalah jalan di Irueti.  Jurang terjal yang memisahkan  Pu’u Wada dan Mbeku telah tersambung dengan jalan aspal berkelok-kelok dan sebuah jembatan diatas kali. Jalan aspal mulus sampai Oka. Di Oka ada jembatan gantung yang menghubungi Oka dan Nasawewe. Dari Oka sampai persimpangan jalan ke Cor Jesu masih beraspal sampai diujung Maunori. Sesudahnya kita akan melewati jalan berbatu sampai Bangga. Bapa Bupati sudah menjanjikan akan memuluskan jalan hingga Bengga. Itu janjinya dalam jumpa warga di sebuah SMU di Bengga, Kotodirumali.  Dan kelak pasti hingga Nangaroro.

 

UMUM 641

Advertisements

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s