Toleransi Orang Nagekeo

Saya seorang Katholik dengan kakek nenek (pihak ibu) beragama Muslim. Sebahagian keluarga besar bapa juga Muslim. Kami sekeluarga beragama Katholik. Dikampung kami ada sebuah Mesjid yang cukup besar bisa menampung ratusan orang bersholat. Sebagian ruangan diberi tirai hijau untuk memisahkan kaum laki dan wanita pada saat kusuk berdoa. Namun di kampung kami warga Muslim adalah kelompok minoritas dan masih dalam rumpun keluarga.

Membaca berbagai tulisan di internet yang saling memojokkan karena perbedaan agama, hati saya merasa tersakiti. Kehidupan di kampung kami di Mauromba, desa Witurombaua , Kecamatan Keo Tengah sangat rukun dan penuh toleransi. Bila ada seorang tamu kami yang Muslim, maka ayam atau kambing harus disembelih oleh yang beragama Muslim. Atau apabila kami ingin membagi masakan dengan keluarga Muslim, ayam atau kambing diminta disembelih oleh yang beragama Muslim. Bila kami membunuh babi, bulu-bulu babi pasti dibakar. Orang akan mempertimbangkan tempat bakar agar bau asap tidak mengganggu warga tetangga yang Muslim.

Bila seorang Muslim yang pulang haji maka seluruh kampung akan menyambut kedatangannya. Pesta syukuran dirayakan seluruh kampung. Sebelum berangkat haji masyarakat berkumpul dan mendoakannya. Dan ada upacara adat dengan “Bhea” (pernyataan/doa adat) sebagai doa pengiring dan harapan kembali selamat. Danbisa ini dilakukan oleh orang non Muslim. Pada upacara tahbisan imam Katholik, orang Muslim turut ambil bagian dalam upacara.  Kerukunan yang indah dan damai dalam suasana penuh toleransi.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s