Pesan Kuali

Saya mendapat telepon dari Halimah Ismail, seorang gadis desa dari Mauromba, desa Witurombaua, Keo Tengah, Nagekeo. Dia memberitahukan bahwa mereka membutuhkan kuali untuk menggoreng kue  sejana(snack Jagung Nagekeo). Halimah salah satu dari 100 orang petani nagekeo yang mendapat  latihan di Malindo Sulawesi Selatan. Dia terlibat dalam program besar Nagekeo keluar dari ketertinggalan. Dia telah menjadi pemandu bagi kawan-kawannya di sana. Dari tangannya telah terbentuk dua kelompok baru. Kelomponya bernama Vitalomba dan akan ada Vitalomba 2 (Romba Wawo) dan Vitalomba 3 (Kampung Ua).  Masing- masing kelompok terdiri dari sekitar 10 orang.

Ketika sayaa berada di kampung saya berusaha mendorong Halimah untuk memulai pelatihan ini. Dan kini mereka telah mulai usaha kecil-kecilan ini dan menjual produk ke penduduk sekitarnya. Ketika saya akan kembali ke jakarta saya membawa hasil karya mereka dalam satu “sondu” (wati besar), yang saya bagi kepada orang yang saya jumpai. Dan komentar dari yang mengecapinya membanggakan. Enak..renyah….  Bagi teman-teman yang sekerang sedang merantau bila pulang anda akan disuguhi sejana sebagai teman minum kopi. Dan kelak masih ada sejumlah makanan olahan baru hasil Nagekeo akan diproduksi oleh penduduk setempat dengan pengawasan pemerintah (perindustrian).

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s