TERIMA KASIH TUHAN

Hari ini saya sangat bergembira. Bukan karena hari ini saya baca di Internet Obama terpilih jadi presiden Amerika. Saya sangat tertarik dengan orang ini sejak dia mulai maju jadi penantang Hillary Clinton. Tentu ini tanpa hitung untung rugi bagiku, saya ikut bersukacita bersama orang kampung halaman bapak dari Obama di Afrika sana.

Hari ini saya bersukacita, karena saya dapat berbicara secara terbuka dengan bos saya Ahn In Kyu tentang niat saya kembali ke Flores. Tentu tempat pertama yang saya tuju adalah Romba. Saya harus kembali tidur di sebuah rumah sederhana disamping ayahku. Rumah kami sangat sederhan terdiri dari tiang batang kelapa, berlantai belahan bambu (ndawa) dan atap daun kelapa ( wunu nio). Kalau saya memasuki kampung itu, persis didepan rumah ada makam ibu saya. Saya bisa berhenti sejenak dan sedikit tunduk dan mengatakan, ine jao demba.

Kesepakatan saya dengan bos saya melegakan hati saya. Saya boleh melanjutkan perjalanan karier sebagai salah satu penopang trias politika  dii Nagekeo. Dan saya tetap berkarya dan mendapatkan gaji dari perusahaan kami. Hubungan kami istimewa. Hubungan saling bergantung ini sangat erat dan sulit dipisahkan. Saya harus pergi untuk sebuah misi sosial saya. Apa kontribusi saya bagi masyarakat saya? Saya sudah lama merantau makan gaji dan cukup sandang, pangan dan papan. Semuanya memberi saya rasa aman tetapi itu hanya untuk diri sendiri. Mboo ta mbana. Jao mendi tado reta nua. Sekarang jao mendi weki. Jao mendi oda tei, oda mbeo tii sira ta mera. Saya harap Nggae Ndewa reta, tii ria pati pawe moo dima jao jadi tanda berka koo Ngae nggolo ede ha ndeti soo tii ata woso.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to TERIMA KASIH TUHAN

  1. Keputusan yang sangat baik Om. Mudah-mudahan kita tetap kontak. Mungkin ada ide-gagasan, pikiran yg bisa kita berikan untuk membang Nagekeo tercinta……. Ini no hp ngao Om, (081318349909). Kalau sudah di Flores, titip salam utk semua (Rm. Nadus Sebho dll).

  2. tanagekeo says:

    @Marsi: Terima kasih untuk tanggapan positif ini. Saya betul butuh dukungan. Modo, napa kita papa punu wado. Jao pasti dhu jeka rade Maukeli dan sekitarnya. Mae ghewo sodho sira reta Uluwagha. Jao pasti jeka reta Kayo ada saudari ipa koo Soter Kota. Imu ana piara koo bapa jao.

  3. Hildegardis Ghela says:

    salam kenal ya….. saya hildegardis dari boawae lebih tepatnya di desa rowa. hari ini adlah hari yang tidk akan saya lpakan. kanap????hampir tiap hari saya ke warnet dikampus saya tapi baru kali ini scra tidak sengaj saya mengetik “nagekeo” ketika mask google. hmmmm….ternyata sangat luar biasa. saya mndaptkan bnyk informasi dari sejarah berdirinya sampai perkmbangan nagekeo saat ini. Terima kasih untuk ide yang sngt kreatf. harapan saya, kita dapat saling mberikan informasi secara baik sehingga impian kita untuk mmbangun negekeo menuju arah yang lebih baik dapat tercapai. sukses selalu.

Leave a Reply

