TANDA PERSAUDARAAN (KAE ARI) ORANG NAGEKEO

Kemarin saya berbicara dengan Om Hasan , seorang pensiunan guru dari Romba yang sedang di Jakarta. Dia berada di rumah kontrakan anaknya di belakang RS Pasar Rebo, Jakarta Timur. Atas informasi salah seorang kenalan, saya menghubungi nomor telepon puterinya Via. Karena dia anak om, saya menyapanya “ana ko’o bele”. Sebutan ana ko’o bele berarti saya dapat menikahi anak perempuan yang saya sapa ana ko’o bele. Ini yang menurut adat Batak disebut pariban. Anak laki diperkenankan untuk menikahi anak puteri dari om sendiri.

Dalam budaya Nagekeo orang bisa saling memaki sebagai tanda bahwa  antara dua laki-laki ada hubungan saudara dan sejajar. Kata maki bisa diucapkan bila antara dua orang itu ada hubungan bisa saling menikah. Kata-kata makian agak kasar biasa diucapkan antara sesama lelaki yang berstatus sejajar. Sejajar dalam arti bahwa tingkat saudara. Terkadang mereka saling menyorongkan tangan memegang alat vital kawan bicaranya. Tindakan ini biasa dilakukan oleh orang yang lebih tua. Orang yang lebih muda biasanya tetap berlaku sopan dan mengalah. Dalam kehidupan harian, ada orang muda yang merasa serba salah. Ada seorang yang berusia jauh lebih tua tiba-tiba mengeluarkan kata kotor (makian) bahkan sambil menadakan tangannya dibawah celana seorang. Ini adalah tanda hubungan saudara, bukan bapa anak, bukan om dan keponakan tetapi tanda mereka bersaudara.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s