Traffic Blog

Lalu lintas pengunjung blog termasuk ukuran untuk mengetahui besarnya daya tarik sebuah blog. Daya tarik blog bisa karena ide-ide tulisan yang tertuang dalam posting. Tetapi juga bisa karena pribadi seorang dengan popularitas tertentu.

Lalu lintas blog sebetulnya bisa diatur oleh pemilik blog. Blogger dapat meningkatkan daya tarik rekan blogger untuk datang. Dari pengalaman saya sudah coba sendiri bahwa kalau mau kita bisa mendatangkan tamu blogger dengan mudah. Dengan rajin membuka blog lain dan memberikan komentar akan secara otomatis mengundang penulis blog yang kita kunjungi akan segera menyambang balik. Dan kita bisa dengan segera meklik visitor yang memberikan komentar atas salah satu tulisan. Dari sana bisa merembet kemana-mana. Setiap kita mengunjungi dan memberikan komentar maka ada kepastian alamat kita sebagai pengunjung. Seorang blogger yang ingin juga mendapat kunjungan menyatakan sukacitanya dan melakukan kunjungan balik sambil meninggalkan jejak dengan catatan.

Jumlah kunjungan tidak selalu menjadi ukuran bobot tulisan atau daya tarik istimewa. Blog saya mendapat banyak kunjungan sebagai akibat dari jejak kunjungan saya. Pada hal saya baru belajar membuat blog dan belajar menulis. Saya mengakaui bahwa saya tidak pandai dan tidak biasa menulis. Saya baru belajar menulis melalui media blog. Dengan itu saya menarik kesimpulan tulisan saya yang sangat sederhana dan ngawur tidak memainkan peran untuk menarik minat pembaca. Yang menarik orang mengunjungi blog saya adalah karena saya pernah mengunjungi blog lain dan meninggalkan jejak untuk satu tujuan: mendapat kunjungan balasan.

Akhir-akhir ini saya lebih konsentrasi pada bagaimana menulis. Produktivitas menulis tidak jadi ukuran bobot tulisan. Tetapi selama ide-ide menarik pasti akan ad blogger lain mengunjungi blog kita.  Saya merasa saya belum mencapai kriteria yang terakhir ini. Karena itu saya membatasi diri untuk segera menciptakan trafik. Saya harus pertama belajar menulis dan menulis dengan bobot.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

