MENDUKUNG YANG MENANG DAN MENGHARGAI YANG TERSISIH

Obama, go on Obama. Gobama. Obama semakin dekat langkahnya menuju gedung Putih.  Tentang ini bukan  fokus kita  hari ini. Yang ingin saya katakan adalah bagaimana orang Amerika memandang rival politik mereka. Dan khusus  saya melihat lebihnya politikus Amerika yang individualis itu. Sesungguhnya mereka punya solidaritas sosial yang tinggi.  Ketika Obama menang melawan rivalnya dari partai Demokrat Hillary Clinton, Hillary menerima kekalahannya dan meminta pendukungnnya untuk menopang Obama. Obama dan teamnya memahami Hillary telah banyak berkorban sebelum sampai pada titik kekalahannya.Obama dan teamnya mencari cara memulihkan kerugian Hillary.

Saya jadi ingat andaikan hal sama terjadi di Nagekeo alangkah mulianya. Tetapi apa mungkin? Lihat lima kandidat. kalau masing-masing pasangan menghabiskan 10 sapi maka telah dikorbankan 50 ekor sapi. Setiap ada pertemuan kampanye pasti ada seekor sapi disembelih dan darahnya membasahi bumi Nagekeo. Pada saat kampanye akbar masing-masing pasangan bisa menyembelih tiga sampai empat ekor sapi.  Ada cara yang lebih ekonomis dilakukan salah satu pasang calon. Mereka melakukan pada hari pasar dan di keramaian hingar bingar  pasar. Alhasil hingar bingar pasar lebih berpengaruh dari pada pesona pribadi dan  suara loudspeaker yang menggema. Kandiidat bupat dan wakil serta team kampenye dilecehkan. Hemat tanpa biaya tanpa hasil.

Obama dan team bisa mencari solusi menutupi kerugian Hillary tetapi jangan harapkan itu terjadi di Nagekeo. Mimpi kali ye.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s