Perhatian Untuk Nagekeo

Ternyata banyak orang menaruh perhatian pada kabupaten Nagekeo. Berbagai komentar positif membuat saya terus berusaha membuat catatan di blog ini. Nagekeo bisa disebut daerah tertinggal. Ketika bersatu dengan Ngada, pembangunan daerah yang kini disebut Nagekeo agak diabaikan. Pisahnya Nagekeo dari kabupaten induknya Ngada tentu bukan karena orang Nagekeo merasa terabaikan. Kabupaten Nagekeo digagaskan karena memang ada kebutuhan.

Nagekeo memang sebuah daerah yang  mandiri karena  punya cukup potensi. Ada berbagai sumber daya yang dimiliki oleh Nagekeo. Kecamatan Aesesa dengan potensi pertanian lahan basa, tambak udan, air panas dan pertambangan. Kecamatan Wolowae (Kaburea) ada industri garam, perikanan, dan peternakan. Kecamatan Boawae  memiliki sumber air panas, galian C, air terjun dan agroforestry.Kecamatan Mauponggo ada petanian lahan basah dan kering, dan potensi laut. Kecamatan Nagaroro dan Keo Tengah miliki potensi lahan kering dan laut. Semua potensi ini masih belum mendapat perhatian untuk penggarapannya.  Tidak ada yang patut disalahkan.

Kita sudah memiliki bupati terpilih yang harus kita dukung, sebentar lagi kita punya anggota legislatif baru. Para anggota Legislatif adalah wakil rakyat. Melalui anggota DPRD rakyat ikut mengawasi jalannya pembangunan daerahnya. Karena itu kita harapkan rakyat memiliki wakil-wakilnya yang  betul representatif serta mampu menggiring semua keputusan pembangunan daerah ke arah ksejahteraan rakyat banyak.

Nagekeo dan kemajuannya bukan urusan seorang bupati terpilih. Kemajuan Nagekeo harus menjadi cita-cita  yang  dibarengi usaha semua orang Nagekeo. Mai kita punu tei atau punu tau bukan punu bhodo.  Kita semua harus dukung agar Nagekeo bisa menjadi model sebuah pembangunan yang direncanakan dengan baik.  Kita harus bersyukur karena  Nagekeo lahir di masa dengan tekonolgi yang lebih baik.  Nagekeo harus lebih baik dan lebih baik lagi, demikian kata Lukas Tonga seorang putera Aesesa yang gagal meraih ambisi jadi orang nomor satu Nagekeo.

Advertisements

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s