Anggota Dewan Perwakilan yang Tidak Mewakili

Dalam percakapan telepon seorang teman mengeluh. Dalam susunan CALEG di daerah pilihannya ada yang mendapat urutan pertama tetapi tidak beasal dari daerah pilihan. Ini yang oleh teman dianggap sebagai politik kotor berwajah tersamar. Urutan nomor Caleg dalam partai ada yang melakukan dengan skoring. Katanya akan obyektif tetapi ternyata ini hanya retorika yang jauh dari kenyataan. Tindakan tidak sejalan bicara.

Urutan pertama memiliki keuntungan dalam pemungutan suara. Apabila nomor urutan dibawah tidak mencapai quota yang ditetapkan maka suara akan dimanfaatkan untuk mendukung calon legislatif dengan urutan teratas.  Hal ini mendorong kerja keras para calon dengan urutan lebih rendah. Daripada kerja untuk orang lain, maka tidak ada pilihan untuk all out bekerja demi  mencapai target kursi anggota parlemen.

Advertisements

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s