Bupati Nagekeo Pilihan Rakyat

Yohanes Samping Aoh-Paulus Kadju ditetapkan sebagai pemenang dalam Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, periode 2008-2013. Hasil penghitungan suara dari pemilihan pada 11 Agustus, dari 63.251 suara sah, Yohanes-Paulus meraih 21.869 suara (34,57 persen). Dengan perolehan suara pasangan pemenang lebih dari 30 persen, maka pilkada berlaku satu putaran.

Saya merasa bersyukur dapat menyaksikan secara dekat jalannya sebuah PILKADA. Saya datang persis ketika ada sidang Dewan untuk mendengar paparan visi dan misi para calon bupati, yang tampil di podium didampingi wakilnya masing-masing. Setelah pasangan calon dengan nomor urut satu memapar visi misinya, ada istirahat. Saya sempat bertemu dengan Pak Yohanes Samping Aoh dan mengatakan: ” Saya sangat kagum bahwa orang di kampung saya Mauromba begitu fanatik mendukung pak Nani.” Dia hanya tersenyum dan kami melanjutkan dengan saling kenal. Saya memang tidak pernah mengenal dan bersalaman dengan pak Nani.

Setelah urutan undian nomor 2(dua) yaitu drh. Lukas Tonga yang tampil paling bersahaja dengan lipe(bere/gabha) dari anyaman pandan bertali kain merah tersangkut di bahu kiri. Paparan sangat general tidak punyai rincian spesifik. Drh Lukas membagi waktu dengan wakilnya yang lumayan kuat menutupi kesahajaan yang lemah dari drh. Lukas. Yohanes Samping Aoh menyusul naik panggung bersama Paulus Kaju sebagai calon wakilnya yang memegang map lipat berisikan kertas-kertas kerja mereka untuk pemaparan ini. Yohanes Samping Aoh membuka pembicaraan dengan mengulas mengapa dia mau tampil dalam pawai demokrasi ini. Karena usianya yang tidak mudah lagi, tetapi masyarakat tetap mendukung, makanya dia mau tampil mengikuti kompetisi ini. Sampai paparan usai, Paulus Kaju hanya bertugas membawa map kertas kerja. Dia tidak diberi kesempatan tampil bicara.

Kontestan 4 (empat) dr. Don Bosco Do muncul dengan gagasan lumayan segar bersama wakilnya yang berapi-api menggebu dengan suara ekstra keras. Kontestan 5 (Lima) Alo Dando tampil manis dan menawan di tambah komentar-komentar segar lebih sebagai penghibur bagi pendengar yang lelah dalam kegerahan daratan Aesesa.

Secara jujur paparan calon bupati yang kini terpilih jadi bupati definitif memang lebih siap dalam banyak hal. Kematangan bermain dalam politik sungguh nampak. Paparan visi dan misinya lebih jelas dan terperinci. Merupakan sebuah acuan program kerja yang dapat dipahami. Kerja para anggota team sukses juga sangat luar biasa. Mereka bekerja sangat keras dan tidak menonjol. Pasangan Yohanes dan Paulus disebut Halus. Mereka membuka markas kerja di jalan masuk kota Mbay. Teamnya berkerja sangat efektif dan efisien. Pada masa tenang mereka membuat gebrakan promosi politik luar biasa. Ini hanya dilakukan oleh politikus kawakan. Isu Yohanes Samping Aoh menderita sakit yang disebar-luaskan melalui SMS sangat efektif. Isu panas ini mengundang RRI Ende melalukan wawancara langsung dengan yang bersangkutan. Dan pada saat sempit dengan ruang gerak terbatas Yohanes Samping Aoh menyatakan keberadaannya dan mengucapkan selamat pada seluruh masyarakat calon pemilih. Pada saat menjelang pilkada, team suksesnya masih mengirim surat selebaran pada calon pemilih. Sungguh efektif cara kerja teamnya.

Dan ternyata bupati terpilih sesungguhnya pilihan rakyat terbanyak. Kini kita semua harus terima. Isu money politik atau sejenisnya mari kita kuburkan. Kita harus menjadi orang dewasa dalam berpolitik. Dan orang Nagekeo sungguh masyarakat sadar hukum dan paham politik. Nagekeo tidak bisa dibangun dalam waktu lima tahun. Tetapi kita harus menyerahkan semua tugas pelayanan publik selama lima tahun ini kedalam tangan seorang pemimpin terpilih Yohanes Samping Aoh didamping seorang yang banyak diragukan adalah Paulus Kaju.

Advertisements

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Bupati Nagekeo Pilihan Rakyat

  1. rita says:

    Saya mengikuti pilkada Nagekeo selama hampir 3 minggu sampai pilkada selesai.Dari tulisan berjudul Bupati Nagekeo pilihan rakyat tertera kalimat bahwa isu tentang “money politic”.
    Di sini saya ingin menjelaskan bahwa itu bukan isu tapi team sukses halus memang melakukan money politic.Pantaskah calon pemimpin daerah tertinggal berkampanye dengan mobil2 mewah, sementara daerah kering dan gersang itu masyarakatnya masih terbelakang, Sangat kontradiktif sekali, ingin menang dengan cara membeli suara rakyat!! menyedihkan.

    Rita:Terima kasih untuk kunjungan dan tanggapannya. Mari kita sama kuburkan yang lalu. Kita harus jadi orang Nagekeo yang melihat jauh ke depan. Kita harus bahu membahu membangun Nagekeo dengan cara kita masing-masing. Berpikir dan bertindak positif bagi Nagekeo kita.

  2. agst-amekae says:

    lets by gone be by gone,,yang berlalu berlalulah,,manu kako papa walo itu yg pantas kita terapkan, bahu membahu buat nagekeo,,saya yakin pasti lebih maju dari kab muda yg lainnya kalau semua berpikir positip dan support each other,,,cheers

    Terima kasih atas tanggapan. Jujur secara pribadi saya mendukung tokoh lain. Kita lihat fakta. Ini sebuah hasil pilihan rakyat terbanyak. Itu harus jadi pilihan dan dukungan kita bersama. Semua anak Nagekeo di daerah maupun di rantau mari rame-rame dukung secara positif. KIta semua bisa berperan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s