Sao, Keka dan Soja

Orang Nagekeo sangat membedakan sao dan keka. Sao selalu berada di kampung. Keka biasa di kebun. Bila ada rumah besar dibangun rumah lebih kecil di didepan atau di samping orang sebut befa atau basa. Basa adalah bangunan lebih kecil menjadi tempat berkumpul. Orang kenal istilah basa damba (basa laba) tempat untuk menyimpan gong dan gendang. Bagi pembaca yang tidak terbiasa dengan bahasa Keo Wodo Wata Papa Mena mae ngasi. Jao ata keo Wodo Wata ghoe mena. Befa sebetulnya bukan berasal dari bahasa Keo. Orang Keo menyebutnya soja. Soja juga berarti balai-balai. Ada soja do muku. Soja tempat orang memotong batang pisang untuk makanan babi. Ada soja yang cukup luas dan segar juga dipakai untuk mengasoh di saat mata hari terik. Sebesar-besar apapun soja dia tetap soja. Sao ada nilai lebih. Sao adalah rumah tempat tinggal dan berkumpul resmi.

Sao selalu berkaitan dengan nua. Padanan kata nua adalah ola (oda), boa (mboa). Nua tidak sekedar kumpulan banyak sao. Nua mengandung makna kekerabatan. Nua ada udu eko nua. Ada bhisu mena bhisu rade. Ada sao wee ire reru. Semua ungkapan ini menunjukkan kekerabatan yang harus dibina berdasarkan kedekatan. Kedekatan karena berada dalam kesatuan kampung (udu eko). Kekerabatan berdasarkan jajaran rumah timur dan barat (bhisu mena bhisu rade) dan yang terdekat adalah tetangga yang bersentuhan atap rumahnya (sao wee ire reru).

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in ADAT & BUDAYA. Bookmark the permalink.

One Response to Sao, Keka dan Soja

  1. Om, tulisan ini sangat menyentuh, alinea ke dua sangat inspiratif…izinkan jao mengelaborasinya lebih lanjut…..jao beranggapan bahwa ini sangat kontekstual dengan keindonesiaan kita saat/sementara ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s