KEKA SENDA dan SAO NGANA Pusat Kerajinan Nagekeo

Dua jenis kerajinan yang sudah lama digeluti orang Nagekeo secara turun temurun. Pertama adalah tenun atau senda atau seda . Kin tenun Mbai, Tonggo dan Maundai merupakan tenun tradisional Nagekeo yang sudah turun temurun. Tenun woi merupakan ciri khas Nagekeo. Beda dengan kain dari Ende dan Lio yang merupakan tenun pete atau ikat. Cirinya tidak saja pada pete dan woi, dalam hal warna kain orang Nagekeo memilki ciri tersendiri. Kaiin woi yang dikenakan wanita maupun laki-laki berwaarna merah dan kuning berlatar hitam. Warna kuning emas berbentuk wajid sangat serasi dengan perhiasan emas wea wunu wona yang dikenakan pada telinga dan dando atau kalung emas pada wanita. Kaum laki-laki biasa mengenakan kain sarung woi toto pata (berbunga penuh atau sebagian. Warna selalu diserasikan dengan lipe atau gabha dengan weko warna merah dan tali pengikat pedha atau parang kecil dipinggang. Orang nagekeo memiliki selera warna berbusana yang unik, karena memang hanya ada di Nagekeo.

BIcara tentang tenun atau senda, saya rasa sudah saatnya dibangun Keka Senda semacama centra tenun, yang lokasinya paling cocok adalah di Mbai, Tonggo dan Maundai. Di lokasi ini sampai kini masih ada kegiatan tenun. Kegiatan tenun ini sangat terbatas dan hampir saja punah. Karena tidak ada daya dukung. Dukungan pertama adalah modal untuk pengadaaan bahan baku benang. Dukungan lain adalah tersedianya pasar. Dan tidak kalah pentingnya adalah dukungan ide disain. Perlu ada orang yang secara khusus memperhatikan usaha kerajinan ini. Perlu ada pemahaman tentang disain produk, yaitu penciptaan barang yang bervariasi dengan bahan tenun yang sama. Dan dengan demikian karya tenun disesuaikan dengan disain produk. Jadi tidak tenun asal tenun. Kita hanya mempunyai pola tenun wajit dan berbentuk besar. Harus ada modifikasi. Karena itu kehadiran Keka Senda dibutuhkan. Selain keka senda disetiap lokasi pengerajin, harus ada Pusat Keka Senda di Ibu kota kabupaten sebagai media pamer produk. Untuk ini perlu ada kerja sama dengan para kolektor, pemodal atau pengusaha dan juga terpenting komitmen pemerintah.

Hal serupa dengan SAO NGANA. Saya melihat orang pesisir selatan orang Lela Wete, Mauromba, Bengga memiliki ketrampilan anyaman yang baik. Ingat tikar-tikar pandan dari Lela Wete. Orang Mauromba dan Bengga memiliki ketrampilan anyam dengan daun lontar. Berbagai macam produk pada masa lalu. Ingat akan mboda, kebhi, nggebhe, sondu, wati, tepa, mboda weti, dan berbagai barang kecil lainnya. Ternyata barang-barang semacam ini digemari diberbagai negara. Saya sudah mengunjungi berbagai situs internet dan menemukan di berbagai bangsa produk-produk sejenis digandrungi lagi. Mengapa kita tidak mulai. Kita mulai saja dengan konsep SAO NGANA. Ada pusat ngana sulu, dimana bisa disiapkan penyuluhan untuk menciptakan produk-produk karena pasar sangat luas tersedia. Saat ini dunia sedang mencanangkan hijaukan dunia. Ada usaha untuk menghindari pencemaran global oleh kehadiran plastik. Maka akan terbuka luas pasar barang anyaman. Hal sama seperti KEKA SENDA, perlu kerja sama dengan berbagai pihak. Ada penciptaan produk-produk dengan bimbingan seorang disain produk. Pemerintah harus turun tangan. Dengan demikian akan tercipta berbagai centra industri yang mendorong terciptanya nilai tambah ekonomi bagi kesejahteraan.

Keka Senda dan SAo Ngana mungkin sebuah ide sederhana. Tetapi saya yakin merupakan bagian dari usaha menyejahterakan masyarakat. karena siapapun jadi bupati atau pejabat daerah diberbagai seksi, kemajuan dan kesejahteraan kampung dan desa merupakan ukuran keberhasilan pembangunan kabupaten.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s