Nagekeo Terdepan dengan Calon Perorangan

Ketika sebagian daerah masih berwacana, KPUD kabupaten muda Nagekeo mengesahkan calon bupati non partai politik. Drh. Lukas Tonga dan Drs. Bruno Buu tampil di depan dengan dukungan yang lebih dari cukup untuk disahkan sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo.

Kehadiran pasangan perorangan ini menggoyahkan kestabilan dukungan pada siapapun calon bupati kedepan. Kekuatan pasangan ini adalah dukungan yang kuat untuk Drh. Lukas Tonga dari wilayah Utara dan Timur Nagekeo dan Drs. Bruno Buu dari wilayah Selatan dan Boawae. Dukungan pada pasangan tidak bisa diragukan. Seperti semua pasangan calon bupati Nagekeo selalu berusaha merebut masa pemilih dengan membentuk pasangan Utara Selatan. Ini adalah pilihan yang tidak bisa ditawar. Karena hampir semua calon bupati dan wakil bupati adalah anak daerah yang besar dan hidup nyaman di daerah lain. Mereka semua adalah orang asing yang tidak dikenal dekat oleh sebahagian besar masyarakat Nagekeo.

Priomordialisme , rasa kekeluargaan menjadi basis bangun kekuatan untuk memenangkan PILKADA. Sebagai kabupaten baru banyak desa masih terisolasi. Bahkan ada desa yang belum terjangkau transportasi kendaraan roda empat. Masih banyak yang belum mendapat penerangan listrik. Informasi sangat terbatas. Karena itu tidak banyak yang tahu tentang figur calon bupati dan wakilnya. Informasi yang terhandal adalah tatap muka dan media informasi adalah melalui jejeringan keluarga.

Dukungan Parpol sangat baik untuk memenangkan PILKADA. Siapapun yang mendapat dukungan partai sebenarnya diuntungkan. Tetapi tidak ada yang jatuh dari langit. Dukungan partai adalah dukungan jaringan partai. Partai memiliki system. Membangun system membutuhkan waktu,tenaga dan tentu biaya. Pada setiap calon yang didukung partai akan ditunjang dengan kerja keras orang partai. Karena itu tidak heran kalau pendekatan ke parpol adalah pendekatan pamrih. Setiap kandidat dukungan parpol yang menang berarti dua kemenangan. Kemenangan bupati dan wakil terpilih dan juga kemenangan parpol pendukung.

Calon independen harus berjuang ekstra. Mereka harus melakukan pendekatan pribadi. Mereka harus melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat. Tidak ada yang jatuh dari langit tanpa biaya. Pasti ada biaya. Mereka harus bersusah payah membina relasi. Mereka harus menemukan tokoh-tokoh pemimpin informal, orang yang berpengaruh di setiap wilayah. Dari sisi ini perjuangan toko independen tidaklah mudah. Karena itu siapapun yang sudah bisa mendaftarkan diri di KPUD sebagai calon Bupati dan Wakil adalah sebuah pratanda positif dukungan masyarakat pada PILKADA. Dan ingat bahwa semua masyarakat yang bakal digiring Parpol sesungguhnya sama. Dalam masyarakat minim informasi, primordialisme berbicara nyaring. Drh. Lukas Tonga dan Drs. Bruno Buu melewati jalur ini.

About Ata Lomba

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s