MEMELIHARA BABI

Pada tahun 60an di Mauromba semua hewan peliharaan termasuk babi dibiarkan berkeliaran. Yang dikandang adalah pohon dan kebun. Mereka dijaga karena tidak mampu membela diri. Makanya dipagar. Sementara yang bergerak seperti sapi, kerbau  dan babi dibiarkan berkeliaran. Mereka tidak perlu dikandang karena mereka punya kaki untuk bergerak. Sebuah pemahaman yang penuh kontradiksi. Tetapi akhir-akhir ini sudah mulai terkoreksi. Dan hasilnya ada perubahan luar biasa.  Tanah menjadi lebih subur. Anakan pohon kayu terus bertumbuh aman. Akar-akar pohon menyimpan serapan air hujan.

Mae…mae… itu cara orang memanggil babi-babi yang berkeliaran jauh dari rumah. Anehnya setiap babi mengenal suara dari tuannya. Gelombang suara mae…mae…mae seolah masuk dalam frekwensi khusus di kuping setiap babi. Masing-masing menyetel gelombang suara yang disukainya, yaitu suara ibu atau  bapak tuannya.

Seorang ibu di Buleleng menumbuk irisan batang pisang untuk pakan babi

Ketika kecil, masih di sekolah dasar tugas saya adalah mengiris batang pisang (salu do muku) sekembali dari sekolah. Pagi hari pada ayam berkokok kali ketiga kami berebut timba air dari sumur. Urusan menumbuk irisan batang pisang (waju do muku) adalah adik saya Cyrillus.  Masing-masing kami mendapat tugas yang ditetapkan bapak. Selain tugas rutin ini masih ada tugas ke kebun memikul kelapa atau menjemur kopra.  Kalau diingat itu terlalu banyak untuk anak-anak usia bermain.

About these ads

About atanagekeo

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s