PENDARATAN PERDANA PESAWAT DI MBAY BUKAN MIMPI

Saya sangat sering mengunduh blog-blog sahabat terutama kawan-kawan dari Keo Tengah. Salah satu blog yang produktif menulis adalah Krisbheda di WordPress. Tulisan Kris Bheda menarik untuk dibaca, berbobot dan universal, punya sari untuk dicerna. Blog Mosadaki, milik Kadir, teman sekolah Kris dari Daja. Awal bersemangat menulis tetapi kendor. Sebagaimana Mosadaki, Tanagekeo pojokan saya sendiri lebih berorientasi lokal dan promordialis. Yang diomongin tentang kampung halaman, dan juga ada kosa kata bahasa daerah. Mungkin karena itu ada kejenuhan dan keterbatasan. Sampai-sampai ingin mengabaikan dan menutupnya saja. Tetapi ada anak-anak daerah di rantau memompa semangat untuk terus mengisi sesuatu. Ada yang membaca sebagai obat rindu akan kampung halaman.

Dalam keengganan membuka internet, saya berkunjung ke krisbheda.wordpress.com. Dia menyajikan informasi tentang Batavia Air yang melakukan penerbangan perdana langsung Jakarta-Maumere. Sebuah berita yang menyenangkan. Karena selama ini kita selalu transit di Denpasar atau Kupang sebelum turun di Ende atau Maumere. Saya terusik memikirkan kalau Bandar udara Mbay, Nagekeo sudah dibangun. Nagekeo memang masih belia untuk membangun diri. Ini bukan untuk dikecilkan, tetapi belum saatnya. Nagekeo menyimpan sejumlah potensi. Nagekeo itu lumbung beras, dan semoga terus dipertahankan. Bibir pantai Marpokot menjanjikan untuk dibangun sebuah darmaga sebagaimana diungkapkan dalam program KAPET. Sebuah pelabuhan laut yang mengakses Asia Pacific. Sekarang sudah beberapa kapal barang secara teratur memanfaatkan pelabuhan ini. Kapal laut dengan bobot yang lebih besar akan merapat ke bibir pantai Marpokot bila kapasitas darmaga ditingkatkan.

Bagaimana dengan Bandar udara Mbay? Sudah sejak jaman penjajahan Jepang Mbay dikenal sebagai Surabaya Dua. Ada sebuah tempat pendaratan darurat pesawat. Lokasi sangat strategis terletak persis di tengah pulau Flores. Memudahkan bagi calon penumpang dari kabupaten-kabupaten Barat pulau Flores, juga tidak tertutup kemungkinan bagi calon penumpang dari Maumere dan Ende. Pembangunan darmaga laut Marpokot dan juga bandar udara Mbay merupakan sebuah kebutuhan. Bila pembangunan ini terjadi, maka ini menjadi lokomotif untuk pembangunan ekonomi di sektor lainnya. Penginapan dan hotel serta restoran perlu dibangun untuk menopang kehadiran darmaga dan bandara. Dengan mudahnya orang mengakses ke wilayah ini, para investor tertarik untuk berkunjung dan berinvestasi. Apakah pembangunan bandara merupakan sebuah mimpi? Dalam beberapa kesempatan saya berbicara  dengan beberapa orang, sebagai anak daerah ada rasa bangga karena ternyata ada yang berminat. Kapan semuanya terjadi sehingga ada penerbangan perdana dengan iringan gong gendang mengawali seremoni pembukaan bandara. Pesawat udara sudah pasti akan mendarat di Mbay. Karena itu bukan hanya mimpi.

About these ads

About atanagekeo

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

8 Responses to PENDARATAN PERDANA PESAWAT DI MBAY BUKAN MIMPI

  1. Nona says:

    Tunggu dong Ka, the time will come for you to see the airport in Mbay. Just pray to God for our government there, supaya tak ada korupsi dan nepotisme. Biar uang umum di gunakan untk pembangunan lapangan udara.
    thank you. It is nice to write to you . bye

  2. Nona, terima kasih sudah mampir disini. I wish I could fly from Mbay directly. Several times because of no flight from Ende or because of lack of sit, I have to tour tc Maumere for next day schedule.
    Sorry for answering in English. Please join http://learnrealenglish.com. It is helpful to develop your English.
    Obrigadu/ Adeus

  3. muhammad sarifien says:

    semangat baru telah hadir dalam diri orang nomor satu nagekeo bpk bupati Nani Aoh. sabtu 09 Sept 2010 Gereja Jakarta jadi saksi bisu dan kami sebagai saksi hidup di hari yang sangat indah dan istimewah buat orang nomor satu nagekeo itu. bpk bupati telah dipertemukan oleh Tuhan dengan kaum hawa yang menjadi pasangan hidupnya.

    kami sebagai masyarakat sangat bangga dengan bpk bupati yang kami harap dengan semangat barunya semoga bisa lebih semangat lagi memimpin rakyatnya khususnya orang nagekeo dengan memberikan pelayanan yang baik kepada masyaraknya melalui pendidikan, kesehatan, ekonomi serta meningkatnya daya beli dalam perkembangan nagekeo.

    semoga dengan semangat baru juga, kami harap semua agenda dan tugas yang diembannya semoga terealisasikan demi mewujudkan nagekeo yang indah.

    tunjukan semangatmu melalui pedulimu terhadap rakyatnya dengan membangun fasilitas2 yang dapat di jangkau oleh masyarakat luas.

    tujukan semangatmu bahwa nagekeo bisa mendatangkan para investor untuk menunjang perkembangan akonomi yang lebih baik.

    tunjukan semangatmu sesuai dengan visi dan misi nagekeo.

    tnjukkan kerjasamanya dengan bawahannya yang lebih semangat lagi. tingkatkan sarana kesehatan demi terciptanya hidup sehat, kecilnya angka kematian, tingkatkan pendidikan demi terciptanya anak bangsa yang cerdas serta hilangkan melek huruf.

    ingatlah bahwa kedudukan tak selamanya kita dapat, seiring dengan kepercayaan rakyat dan kinerja yang bagus buat kita tetap diatas.

    ingatlah semua itu akan berakhir mungkin
    dengan faktor umur, kinerja dan kepercayaan yang sudah tidak memungkinkan kita lagi.

    tunjukan jasa besarmu sebagai pahlawan yang berjuang demi rakyat dan bukan demi kedudukan. siang dan malam terus berganti, seiring dengan pergantian waktu pekerjaaan kita akan semakin berujung.

    jangan kita tinggalkan sblm selesai angenda kita dalam perkembangan untuk nagekeo.

    salam sejahtera buat bpk bupati semoga hidup semakin lebih baik.

    ingatlah kita orang nagekeo.

  4. Josh R says:

    doakan untuk perjuangan pembangunan Bandar Udara Surabaya II Mbay,..sekarang masih dalam proses pekerjaan studi-studi antara lain yg sudah dijalankan yaitu Studi Kelayakan (2008), Studi Master Plan (2010), Rencana Teknik Terinci (Darat dan Udara),KKOP,Amdal (2011), dan proses pembebasan lahan akan dilaksanakan tahun ini.

  5. Tanagekeo says:

    Harapan dan doa kita semua untuk Nagekeo yang lebih maju….

  6. yanto,romba says:

    Harapan Kita Semua Orang Nagekeo semoga pelayanan transportasi udara dapat terwujud ditahun mendatang, aminn

  7. Muhammad nur sumbi bin Abdurahman(Durma) bin Ahmad bin Arba'a bin Daga bin Sene says:

    Kita berusaha dan berdoa kpd sang tuhan untuk memudahkan pembangunan faselita di daera nagekeo terutama perencanaan membangun bandara semoga tercapai di tahun berikutnya.

  8. atanagekeo says:

    Salam buat Durma, yang telah mampir di pojok tanagekeo.wordpress.com. Blog ini sekedar penampung rindu akan kampung halaman. Tempat curhat menumpahkan ingatan akan yang pernah ada di tempat tumpah darah (polo puse).

    Mengenai Bandara, banyak masalah katanya, terutama masalah tanah yang semakin rumit. Tetapi tidak ada seorang Nagekeo pun yang memungkiri bahwa kita semua rindu punya bandara di tempat yang bagus dan strategis ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s