PETA PROPINSI NTT BARANG LANGKA

Seorang teman karena tergiur rayuan angin surga ingin berbuat sesuatu di pulau Flores. Bahkan dia ingin investasi di kabupaten tempat kelahiranku. Nagekeo sebuah kabupaten , yang beribukota sebuah perkampungan sederhana, Danga sebuah ibukota kecamatan Aesesa. Orang lebih mengenal sebagai Mbay. Sebuah nama yang begitu terkenal karena ada bendungan Sutami, yang mengairi ribuan hektar sawah.

Beberapa kali mudik dan sempat merakyat beberapa bulan, banyak informasi potensi yang dapat dikembangkan di kabupaten anyar Nagekeo. Ada beberapa yang tertarik untuk berinvestasi di Nagekeo. Dari berbagai bidang yang mungkin ada bidang agrobisnis yang ingin dikembangkan sejalan dengan permintaan luar negeri. Juga ada investor asing yang melihat peluang berada di wilayah ini.

Setelah beberapa kali pertemuan, dan rencana semakin dirinci,  kami berjalan -jalan  bareng. Temanku mengajak saya ke toko buku. Sebagai seorang penggemar buku, saya entusias untuk melongok dan sering hanya mengagumi buku-buku. Maklum buku-buku bagus harganya lumayan mahal.  Dan kalau pun saya membeli, waktu untuk membaca sangat terbatas. Di toko buku, biasanya saya merasa diri sangat jauh ketinggalan. Banyak pemikiran dan pengetahuan baru yang belum sempat disimpan dalam tankiku. Teman saya ternyata tidak sesibuk saya yang berkeliaran di berbagai rak buku. Dia menuju rak pajangan peta (map). Hampir semua propinsi di Indonesia memiliki peta besar yang terpisah dengan skala 1:500.000 cetakan C V.Pradika dengan legenda yang menjelaskan tentang hal-hal penting dalam peta. Teman saya kecewa, karena beberapa toko buku telah dia cari. Peta Propinsi Nusa Tenggara Timur hampir tidak ditemui. Apalagi peta pulau Flores dengan skala besar beserta legenda yang menjadi bahan referensi investor.

Informasi tentang NTT dan Kabupaten di NTT sangat minim. Situs NTT di internet juga tidak cukup memberikan keterangan rinci tentang daaerah kabupaten. Nagekeo hampir tidak ada data disana. Semoga pihak-pihak terkait memperhatikan hal ini.

About these ads

About atanagekeo

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s