NAGEKEO DALAM KILAS

 

BERDIRINYA KABUPATEN NAGEKEO

Secara hukum Nagekeo berdiri atas dasar UU No 2/2007 tentang pembentukan kota/kabupaten baru. DPR telah menyetujui Rancangan Undang-Undangnya pada 8 Desember 2006. Sedangkan peresmian Nagekeo sebagai kabupaten baru dilakukan pada 22 Mei 2007, oleh  Mendagri Ad Interim Widodo AS. Saat bersamaan, Elias Djo ditunjuk sebagai pejabat bupati. 

Kabupaten Nagekeo adalah 1 dari 16 Kabupaten/Kota baru yang dimekarkan pada 2006. Ke-16 Kabupaten/Kota baru tersebut adalah Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Subulussalam, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Batubara, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Sumba Tengah dan Kota Kotamobagu.

WILAYAH KABUPATEN NAGEKEO

Ibu Kota                 : Mbay

Luas wilayah          : 1.416,99 km2

Penduduk                :  119.104 Jiwa (24.331 kk)

Mata Pencaharian  :   18.954 kk Petani 

Wilayah Pemerintahan:  7 Kecamatan

1. Kecamatan Mbay                   5. Kecamatan Mauponggo

2. Kecamatan Aesesa                 6. Kecamtan Keo Tengah

3. Kecamatan Boawae                7. Kecamatan Nagaroro

4.  Kecamatan Wolowae

POTENSI DAERAH NAGEKEO

 Potensi ekonomi kabupaten Nagekeo terdapat dalam bidang Pertanian, Peternakan, Perikanan juga  Pertambangan..                

Sektor Pertanian

Di bidang pertanian, misalnya, Nagekeo menyimpan potensi luar biasa. Dari luas wilayah Nagekeo 1.416,99 km2, terdapat 69.581,4 ha lahan pertanian yang terindikasi berpotensi. Namun lahan yang fungsional hanya seluas 30.720,99 ha atau seluas 38.860,41 ha lahan masih berupa lahan tidur. Khusus di Mbay sendiri, dari 50.325 ha luas wilayah, terdapat 8.664,26 ha lahan yang berpotensi, sementara 8.126,8 ha lahan yang fungsional. Lahan sawah di Mbay yang berpotensi sebanyak 4.272,67 ha, yang fungsional 3.735,21 ha. Sementara lahan kering di Mbay seluas 4.391,59 ha semuanya sudah difungsikan.

Peruntukan Potensi Lahan

 Areal                                  Potensi (ha)                              Fungsional (ha)

Sawah                                 6.459,11                                  5.116,87

Lahan Kering                      63.122,29                                25.604,12

Hasil pertanian/perkebunan petani di Kabupaten Nagekeo, menurut data Bimas Ketahanan Pangan Ngada tahun 2005 lalu, tujuh kecamatan di kabupaten ini baru menghasilkan beberapa komoditi pertanian.

Produktivitas Lahan

Komoditas                   Luas Lahan (ha)                        Jumlah Produksi (ton/tahun)

Padi Sawah                  5.766                                       28.877

Padi Ladang                 1.678 ha                                   3.319

Jagung                          4.207                                       11.046

Kedelai                        64                                            55

Kacang Tanah              254                                          182

Kacang Hijau               187                                          152

Ubi Kayu                     1.515                                       16.476

Ubi Jalar                       455                                          2.758

           

Sumber : Bimas Ketahanan Pangan Ngada,2005

  

SEKETOR PERIKANAN

 Nagekeo memiliki potensi laut yang cukup menjanjikan. Potensi nener (bandeng) dan udang di perairan Marapokot amat besar. Dulu, pada era 1980-an, dari perairan Marapokot bisa menghasilkan 50 juta nener per tahun. Sebagian besar dikirim  ke tambak-tambak bandeng di Jawa Timur.  Sampai saat ini belum digarap secara serius penangkapan ikan dan budidaya rumput laut.

SEKTOR PETERNAKAN

Di sektor peternakan, Nagekeo kaya akan kambing/domba, khususnya di  Kecamatan Aesesa yang dikirim hingga ke Sulawesi Selatan. Selain itu, ada juga ternak kerbau, sapi, babi dan unggas.

SEKTOR PERTAMBANGAN

Nagekeo cukup kaya dengan beberapa bahan galian seperti galian konstruksi, galian industri dan galian logam mulia.  Hasil penelitian LPPM-ITB menyatakan, potensi bahan galian, antara lain bahan galian golongan C (BGGC), diantaranya bahan galian konstruksi (sirtu), bahan galian industri (tanah liat, marmer, granodiarit dan zeolit) serta bahan galian logam (emas, perak, tembaga, biji besi dan mangan).

Bahan galian konstruksi, yakni sirtu ada di Kecamatan Aesesa, yang  terindikasi sebanyak 2.783.483 m3. Sirtu di Kecamatan Boawae berada pada lahan seluas 383 ha dengan jumlah hipotik 191.908.817 m3. Sementara untuk bahan galian industri yakni tanah liat juga terdapat di Danga (Aesesa) yang penyebarannya pada 753 ha dengan ketebalan 2 M yang terdata secara hipotik 15.078.786 M3.

Sementara itu di Desa Nggolonio terdapat Granodiorit pada 679 ha dengan data hipotik sebesar 339.000.000 M3. Sementara Zeolit terdapat di Marapokot (Aesesa) dengan luas penyebaran 9,6 ha dengan indikasi 1.387.598 m3. Di Nagaroro zeolit tersebar di pinggri jalan Bajawa hingga Ende seluas 313 ha yang terdata secara hipotik sebanyak 265.334.055 m3.

 

 SEKTOR KERAJINAN

 Kerajinan Tenun      : Mbay, Tonggo dan Maundai (senda woi dan pete)

Kerajinan Anyaman : Keo Tengah, Nangaroro (Lontar dan pandan)

About these ads

About atanagekeo

Nagekeo kabupatenku. Keo Tengah Kecamatanku. Maunori tempat ari-ariku. Mauromba tempatku belajar merenangi laut Sawu dan melewati Sekolah Dasar. Mataloko dan Ledalero almamaterku. Jakarta tempat ku berlabuh.
This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.

69 Responses to NAGEKEO DALAM KILAS

  1. ben says:

    Maaf, Ada keterangan tentang lambang kabupaten nagekeo tak.. saya butuh nih.. makasih sebelumnya..

  2. Maxi says:

    Selamat! Blog ini perludikembangkan sebagai media komunikasi dan promosi nua-ola kita, Nagekeo.
    Proficiat bagi yang berinisiatif membuat blog ini. GBU

  3. tanagekeo says:

    @ben: Saya juga sudah 33 tahun dirantau. Saya jadi sadar saya juga tidak pernah melihat lambang itu.

  4. tanagekeo says:

    @Maxi: Terima kasih sudah kunjungi blog ini. Saya tidak begitu entusias mengelola blog ini. Sudah lama saya abaikan. Mungkin kunjungan kalian memacu saya untuk menggali beberapa khazanah daerah yang terlupakan.

  5. nando doke says:

    salam kenal,saya nando orang nasawewe keo tengah,yg ada di jakarta. sy harap segenap warga nagekeo dan aparat terkait,bersama-sama membangun nagekeo menjadi kabupaten teladan dan mandiri.

  6. manukako says:

    gmana berita nagekeo sekarang,ada info update???ngao keze

  7. Yanssen Arnold says:

    kebanggaan sebagai kita ata Nagekeo harus ditindaklanjuti dengan tindakan nyata untuk berpikir tentang pembangunan Nagekeo secara komprehensif, yang saya sesali adalah masih banyak putera Ngekeo di tanah rantauan yang bergerak tidak atas nama Nagekeo. mari kita nyatakan kecintaan kita sebagai kita ata Nagekeo berawal dari pengakuan bahwa kita sudah punya dapur sendiri.

  8. Hildegardis Ghela says:

    halooooow….saya Hildegardis dari boawae tepatnya didesa rowa n skrg di Yogyakarta. mari berjuang bersama membangun nagekeo dengan damai, sukucita dan penuh kekeluargaan. Berjuanglah bersama atas dasar
    “Kolo Sa Toko Tali Sa Tebu”
    Lovvvv yu
    “N A G E K E O”

  9. Risty says:

    maju terus nagekeoq

  10. CG says:

    maaf mau tanya, kalo dari Jakarta ke Kabupaten Nagakeo naik apa ya? tolong info detailnya dong… Thank’s

  11. ferry soo says:

    mai kita ata nagekeo…kita jaga modo-modo nua oda kita. kita junjung tinggi tanah mata muri kita.

    mae papa kiki
    mae papa wago
    mae papa ngisi

    kita bangun nagekeo ne’e ate ta ndala
    kita tau muri ana embu kita ne’e ate ta bhala

    mai…mai rembu sa kita…BANGUN NAGEKEO

  12. selvi says:

    Maju terus,..bangun nagekeo

    @SELVI : Terima kasih sudah mau mampir di pojok ini.

  13. fia says:

    ja’o sena baca tentang nagekeo,serasa kita ada di tanah nagekeo. Ka’e emba foto-foto tana watu- nua oda kita?

  14. kris bheda says:

    om salam jumpa lagi, maaf ja’o baru kunjung lagi blong te, maklum ja’o selama tiga minggu lebih ke pedalaman Aceh yang sama sekali gak ada signal, internetan via hp sulit. Tapi ja’o senang ngada kunjungi lagi blog te…satu-satunya blog yang membuat anak rantau merindukan kampung halaman…membaca blog ini seperti sedang mengobrol tentang kampung halaman di Nage Keo…yang paling menyentuh saya adalah ketika ada kata-kata adat, pata pede yang di tulis atau yang dikomentari ata kita…sangat menyentuh…om ja’o kangen dengan udu mbuju eko lomba…

    @KRIS: Jao senang tama ena blog-blog ata kita pu’u mena nua. Jao terus-terus posting uru jao tei ngge dera datu ata kita buka blog nagekeo. Jao sedang merencanakan untuk berkomunikasi dengan ana udu mbuju eko lomba. Ede kita menga dora pa, kita ana ko’o Udu mbuju eko Lomba. Jao nambu te dheko mbabho ngasi tau welo kapela Watunggegha. Wengi pira jao ndii reta nua wuda rua lesi. Mai kita su’u wangga sama-sama.
    Salam jao akan selalu kunjungi blogmu. Aku tertarik dengan tulisanmu. Saya sudah lama meninggalkan itu dan masuk dalam komunitas kerja yang membuat saya kurang kritis dalam berbahasa.

  15. kris bheda says:

    maju terus Om, melalui dunia maya kita bisa berbagi cerita, jao selalu mengunjungi mogha blog te…melepas kangen, memperkaya wawasan dan peduli kampung dan negeri

  16. tanagekeo says:

    @Kris: Terima kasih untuk dukungannya… tabe woso pu’u ndia Jakarta…

  17. vincent segudo says:

    sebagai putra asli nagekeo,wajib hukumnya bagi kita untuk mengetahui dan terus memantau proses pembangunan kabupaten kita tercinta. Salah satu sarana yang sangat membantu yakni lewat blog. Nga,o secara pribadi sangat bersyukur ada bloger2 asli nagekeo yang selalu menghadirkan berita2 terkini mengenai nagekeo.” MAJU TERUS NAGEKEO”

  18. theofilus says:

    Om, no hp ta numai ne ganti ka om? Jao beberapa kali
    hubung tado

  19. Hironimus says:

    Membaca tulisan-tulisan diblogmu, serasa berada di bawah kaki bukit kediwatuwea, sembari peti ngoka bersama kawan. Pingin hati kembali ke maunori, tapi apa daya tugas yang mengharuskan saya terdampar di bumi pempek sumatera selatan. Jayalah terus nagekeoku. Suatu waktu kami akan kembali untuk membangun tanah watu-nua oda tercinta.

  20. don says:

    koreksi : Kecamatan mbay itu tidak ada(keliru) yang benar : Kecamatan Aesesa dan Kecamatan Aesesa Selatan.

  21. @ndi L@do says:

    Sukses buat kita anak-anak Nagekeo,, sebagai generasi muda Nagekeo kami mendukung penuh segala bentuk pembanguna daerah tercinta.. sy selaku ketua PERMASNA – Kupang 2009/2010 mengucapkan profisiat kepada penginisiatif blog ini,! Harapan, Kiranya para leader kabupaten lebih memperhatikan peningkatan SDM generasi nagekeo. “SDM SEBAGAI BAROMETER CEPAT LAMBATNYA PEMBANGUNAN DAERAH”. i love u fulllll NAGEKEO..!!!!

  22. Maju terus Mbay alias Nagekoe….. Semiga dengan pembentukan kab. baru ini akan lebih maju untuk kedepannya.

  23. bony says:

    jao senang ngala buka blog te…..jao ata nagekeo mogha….pu lau Mauponggo……….hanya jao kuliah d malang………ngara miu tau blog miu masuk ne foto2 tana ola kita………..semoga nagekeo menjadi kabupaten yang makmur, aman dan damai………semoga masyarakat kita ngla dukung mogha pemerintah supya kita sama2 membangun nagekeo kita………by Fr. Bony……..TUHAN MEMBERKATI MASYARAKAT NAGEKEO dan KABUPATENKU………

  24. Fr. bony says:

    ngao sebagai orang pendatang/masyrakat translokal di penginanga, ngao cuma berharap agar kita muri papa pawe ne ata wa ipi bhali. kita mae papa musuh…mai kita sama2 bangun nua ola kita.

  25. Fr. bony says:

    kita ngla kirim2 email ti jao ena fbony@ymail.com. thanks…

  26. bonfass tango says:

    salam kenal buat teman2 nagekeo. ini dengan orang keotengah (ata daja wawo). senang bisa ketemu teman2 sekalian dalam blog ni. god blessing

  27. tanagekeo says:

    Terima kasih Bonif sudah berkunjung ke sini. Jao Tali ata Lomba, kae ko’o Margo, ADel, Lud. Kau pasti embu ko’o bapa Tango. Miu pasti mbe’o jao. Bhodo jao mona mbe’o miu. Jao nembo ndia tana Jawa ebho mere. Jao ha di ne’e sira Ami Kubu dau Pu’u Kungu.

  28. tanagekeo says:

    Buat minda woe kae ari kita ta dhi la pu’u tana watu Nagekeo mai kita papa liko tiwo. Weki woso do liwu. Mera negha ndi’i papa reu mere negha papa medha, bhodo mai papa liko tiwo ngai rende, oda mbe’o mo’o tau mere tuka nua toda oda ta kita lela uru pu’u mo’o nggae oda mbe’o, pusi tuka weki ne’e pagha fai ana. Tabe woso!!!

  29. BASTIAN NAGA ORIGINAL MBAY says:

    ya semoga nagekeo ke depan lebih axis lg soalx msh banyak mslh internal yg harus difiniskan terutama maslah tanah di mbay sy harap bupati dan stafnya bs meredam problem ini agar bs berjalan dgn lancar……

  30. obeth says:

    nagekeo terus maju

  31. yani sea says:

    salam untuk semua. semoga nagekeo maju terus dan sukses ke depan. menjadi kabupaten yang sejahtera dan makmur serta berkeadilan. karena potensi daerah tang terpendam dan butuh penanganan untuk kepentingan semua. Jangan biarkan nagekeo menjadi gersang ditengah kebellimpahan. yani, batam

  32. yani sea says:

    apa kabar wekaseko……….apakah wekaseko kampungku masih gelap, tanpa adanya listrik? sedih ya,………….., semoga kampungku menjadi terang benderang krna uda adanya kabupaten baru nagekeo. juga jalan raya yang selalu diperbaiki hampir tiap tahun, semoga jalan trans kaburea menjadi lebih mulus lagi untum memudahkan mobilitas penduduk dalam pencapaian ekonomi.

  33. Ludovikus says:

    Bagus isi blog ini. Maju terus. Sukses! Salam hormat saya. Coba wartakan juga kekayaan adat kita. Misalnya, pebha paya, bhea, bebi ja’i, dll. Saya seberulnya ingin menulis dan membagikannya di dalam blog saya. Namun, pengetahuan saya amat terbatas mengenai unsur-unsur kebudayaan kita yang kaya makna itu.

    Ludovikus SMM
    Putra Paulundu, tinggal dan berkarya di Bandung
    luigi3665.wordpress.com

  34. Tanus Feto says:

    Saya baru kunjung.Provisiat yang membuatnya.Mari kita bangun Nagekeo dari sekarang.Nagekeo masih butuh uluran tangan dari kita semua.Mari kita bangun daerah kita dengan cara kita masing-masing.Teristimewa bagian pendidikan yang sangat terperosot jauh bila di bandingkan dengan daerah lain di nusantara ini.Minimal para alumni membantu buku-buku sumber buat sekolahnya masing-masing.Seperti yang kami lakukan untuk SDK KOTA dan SMP ST Petrus Lokatadho.Kotakeo Kecamatan Nangaroro.Al hasil SMP St Petrus Lokatadho sudah 2 tahun terakhir ini lulus 100 %.Mari kita coba dengan cara kita masing-masing.

    Tanus Feto
    Putra Kotakeo

  35. yani sea says:

    salam ketemu lagi sama Pastor Lodo SMM, apa kabar, senang sekali bisa ketemu. yani sea, batam

  36. ANTON WEKA says:

    Salam dan provisiat yang membuat blog ini. ngao pu,u wolowae meza ndia kupang.mai kita sama-sama ana suko nagekeo khususnya wolowae. dengan spirit udu papa pudu, eko papa pongo demi membangun nagekeo tercinta. maju terus blog ini

  37. Dolny says:

    salam dan provisiat yang membuat blog ini. mari kita bangun nagekeo tercinta agar lebih maju dan tetap berkembang…buat dinas perhubungan kalau bisa profil dermaga marapokot di kasih masuk biar semua orang tau kita nagekeo mempunyai dermaga yang menjadi sarana transportasi laut yang sangat strategi dan biar orang berbondong-bondong menggunakan fasilitas nagekeo terutama pelabuhan marapokot..makasih…

  38. aloysius L Wea says:

    sy senang bisa bergabung diblok ini…..mari kita bangun bersama nagekeo tercinta dengan membangun….infrastruktur seperti pelabuhan di marpokot..serta lapangan pesawat terbang….saya yakin para investor dimanapun khusus dari jakarta dan surabaya akan segera menanamkan modalnya di kabupaten NAGEKEO TERCINTA ini membutuhkan kebranian para pejabat pemerintahan daerah setempat….selamat berjuang………salam jg buat curator blok ini salam kenal saya dari desa wolowea raja,boawae…tinggal dan berkarya dijakarta…..

  39. tanagekeo says:

    @ Aloysius L Wea: Partisipasi dalam pembangunan daerah Nagekeo bisa dalam berbagai cara. Bila ada kritik bahwa sumber daya manusia (SDM) daerah rendah, maka mari kita orang Nagekeo sumbangkan gagasan realistis yang dapat dijalankan dalam kondisi Nagekeo sekarang ini. Atau mari kita wado nua , mai too jogho wangga sama ne’e sira ta ndi’i nua mera oda.
    Salam pu’u ena jao Tali ata Lomba

  40. STEFANUS TUBA says:

    Saya orang Mataloko,tapi saya pemerhati Kabupaten Nagekeo.Saya sangat miris membaca berita Nakekeo sebagai salah satu Kabupaten di NTT yang tidak diberi penilaian oleh BPK,salah satu faktor penyebabnya adalah masalah aset.saya ingin membantu secara profesional.tapi saya tidak punya akses, adakah yang bisa bantu?

  41. Tanagekeo says:

    @ Terima kasih kepada siapa saja yang sympati pada kabupaten kami yang baru….NAGEKEO

  42. Cyrilus says:

    Iya saya juga baru pulang dari kampung wekaseko neh.Hadoooh ampun di sana kampung kita jadul banget..gelap kalo malam belum ada listrik..gk tau napah lagian jalan2 juga belum ada yg berers kasihan bangt ya semoga ke depan lebih baik lah,,,,terus sifat dan cara pikir yg kerdil di kampung juga masih di pelihara si jadi susah majunya,,,apa kata dunia?

  43. Tanagekeo says:

    @Cyrilus: Memang yang susah adalah merobah cara berpikir…..

  44. Heri K. Wasa says:

    saya baru berkunjung nih, trims untuk semua infonya. apalagi sy sd lama mona walo ola. aku setuju dgn komentar tanus feto di atas. trims ya.

  45. Tanagekeo says:

    @Heri K. Wasa: Terima kasih woso, negha dhato dhu ena blog te… Mari kita sama-sama sara ka koo pata ine embu sii: Mai too jogho wangga sama….Fea papa dhewi, ta ndate papa bhei…

  46. cosmas says:

    trimakasi woso,ngao ata liwo,uluwagha ngao bangga krn Nagekeo kema papa dheko.mai rebua kita suko soo kema molo2 mae papa noyo

  47. cosmas says:

    mae noyo ngao tuga ta sodho kema molo2..mae jadi nagekeo koruptor kami rantau dia tana papua negha iwa bulurua lae walonua

  48. cosmas says:

    mf tk adik cyirilus kalau rantau ditanah jawa pulang kampung jgn angkuh,krn kita puu nebu ine ebu welu tuga koo lampu nana ILAMELU mae sombong

  49. cosmas says:

    trimakasi ngao le dheko blok te…mai rebu kita anasuko soo kema molo2 jaga nua ola kita ta negha mona mona.by#Kosmas putra lIWAPA skrg lagi cari hidup di tana PAPUA. Iwa bulurua ngao lae walo nua

  50. Tanagekeo says:

    @Kosmas, terima kasih kau negha sadha ena te. Tabe woso ti kae ari ta ena tana Papua. Papua tana mere watu dewa, miu ena pero emba. sai mbeo kae ari ta pesa datu ena mogha. Jao ata Mauromba atau ata Lomba. Weta jao Imelda Nende, fai koo Bapa Philipus Bhai rede Ulu Wagha. Modo tabe woso…

  51. cosmas says:

    poa ema,m@@f numai ngao tuga moo yenge2 akirx ketenu jg keluargaq.ngao nee gholo2 ndia Asiki/Tanahmerah kami gae ka ndia perusahan korindo.Ime Nende te neba? Ngao ngara Kosmas Raga puu uluwagha nua liwo

  52. Tanagekeo says:

    @Kosmas, Ime Nende negha mata, tungga ta ana imu Udis kerja di Bandung. Udis bersaudara tiga orang. Tabe woso…kema pawe, mendi weki ria….

  53. marco says:

    kita ata nagekeo harus mendukung kemajuan kabupaten nagekeo,dngan cara kita sendiri.ewako nagekeo………………………

  54. Tanagekeo says:

    @Marco: kita semua sepakat…modo tuu mbee…

  55. yoseph mbulu says:

    saya senang kalau berbicara tentang kabupaten nagekeo, karena daerahnya berpotensi khususnya dibidang pertanian, sekilas dalam perjalananku di thn 2010 lalu ke so’a menghadiri pernikahan teman guru kami ibu ermelinda n. ghopa, guru kesenian di sekolah kami (smp.n 4 wolowaru di woojita), aku lihat begitu luar biasa suburnya alam nagekeo and bajawa. aku merasa iri dengan alam yg ada di daerah nagekeo,manfaatkan dan rawatlah alam ini dengan baik, apalagi orang-orangnya juga memiliki daya juang yang tinggi, sopan, bisa dipercaya, bangunlah kabupaten anda dengan potensi yang ada di dalamnya. kami orang ende lahannya kritis dan kurang subur, tetaplah berjuang dan kerja keras, wujudkan kab.nagekeo menjadi kabupaten andalan di masa yang akan datang. Amin.

  56. Tanagekeo says:

    @Yoseph: Terima kasih atas kunjungan ke blog ini dan sumbang sarannya. Tidak ada putera Nagekeo yang menyangkal akan potensi daerahnya. Pemekaran daerahnya merupakan buktinya. Dan orang Nagekeo terutama aparat pemerintahnya berjuang keras untuk eksis sebagai wilayah berpotensi besar.

  57. yoseph says:

    Saya satu orang Lio, senang sekali kalau berkomentar tetntang Nagekeo dan masyrakatnya, karena di sana tersimpan banyak potensi, baik sumbe daya alam dan sumber daya manusia yang kreatif, inovatif, dan kredibel. Nagekeo sudah terbentuk dalam skala kabupaten, inilah saatnya eja,ema ka’e, mengelola sumber daya alam yang ada ini, jangan terlalu merantau ke tempat yang jauh, nanti ema kae merana di sana, bagaimanapun di sana adalah hujan batu, di negeri ema kae sendiri adalah hujan emas yang tak kenal batas. ema kae yang ada di ende juga inga-ingat bale nagekeo, trima kasih…

  58. Tanagekeo says:

    @Yoseph: Terima kasih atas tanggapannya. Ketika Kaka k Yacob Nuwa Wea diangkat jadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dia memang berbangga, tapi dia bilang sebenarnya banyak orang lain secara akademis lebih pintar dari padanya.
    Berarti kalau semakin banyak orang Nagekeo yang pintar menoleh kampung dengan sumbang saran baik, pasti Nagekeo lebih maju. Mantab komentarnya.

  59. harry says:

    wah blog yang luar biasa….jadi kepingin bisa berkunjung ke nagekeo!!!!
    om….diposting juga dong keindahan alam nagekeo….
    salam…..

    laurentius harimurti
    laurentius_h@yahoo.com

  60. Tanagekeo says:

    @Harry: Terima kasih atas kunjungan dan usulannya.

  61. yoseph says:

    ini adalah adalah komentar yang ke tiga dari saya orang Lio, yang sangat bersimpati dengan orang Nagekeo dan alamnya, yang begitu banyak tersimpan kekayaan alam dan Sumber Daya Manusia, untuk beberapa ratus tahun ke depan, Jadikanlah orang Nagekeo yang bersifat Patriotisme terhadap Alam Nagekeo, Jadikanlah orang Nagekeo yang mampu mengelolah Alamnya dengan menggunakan Ratio dan Teknologi, jangan biarkan masyarakat yang berpikir sederhana untuk mengelolah sendiri, Saya Salut…. dengan berlomba-lombanya, Orang Nagekeo menyekolahkan anaknya, untuk masuk Seminari yang kelak akan menjadi Pastur yang handal, dan ternyata benar, bahwa banyak Pastur dari Nagekeo yang berkwalitas, Pada tempat yang ke dua saya mau sarankan “Apa salahnya Orang-orang pintar Nagekeo disekolahkan untuk Bekerja di bidang Pemerintahan, untuk mencegah KKN yang sekarang lagi marak, KKN muncul dari orang berpikir sesederhana dan Keinginannya tinggi, tetapi kalau orang yang pintar berpiir jauh ke depan untuk masyarakat Umum, pasti KKN secara perlahan akan diminimalisir, dan juga supaya terciptanya pemerintahan bersih dan berwibawa dan pasti Nagekeo akan menjadi Kabupaten yang Handal di masa, yang akan datang, Pada tempat yang tiga, saya sarankan, Orang Nagekeo yang Pintar, jangan hanya bercita-cita Untuk menjadi orang besar,(PNS), tengoklah alam-MU yang belum terkelolah secara baik, Biar pekerjaan yang sederhana, tetapi mendatangkan banyak manfaat baik untuk kepentingan Pribadi, keluarga maupun kepentingan umum (masyarakat Nagekeo), Ijasah Sarjana, bercita-cita menjadi Petani itulah yang diharapkan jaman sekarang, Seorang Sarjana bukan Misinya untuk mencari Pekerjaan (menunggu Testing PNS) tetapi dengan Ijasah yang ada MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA SENDIRI, sesuai dengan Basic yang dimiliki. Kalau bukan orang Nagekep yang membagun daerahnya Siapa lagi? Kalau bukan sekarang Kapan lagi?, komentar ini merupakan sebuah sentilan saja, Kesimpulan akhir saya ” Orang pintar Nagekeo dibagi kedalam 3 pilar penting secara seimbang, yaitu : 1. Di bidang Keagamaan (Pastur), di bidang Pemerintahan (Pegawai yang bersih dan berwibawa), 3. di bidang pertanian, petrenakan,UKM dll.(menciptakan Petani yang handal,berkompeten,tekun dan Petani berdasi). Terima kasih. Jangan marah komentar saya banyak sekali, demi untuk Masyarakat Nagekeo. Thank’s.

  62. Tanagekeo says:

    Saya pernah berbicara dengan salah satu tokoh dari Papua. Mereka punya program 1000 sarjana. Semoga semakin banyak sarjana yang mau menetap di Nagekeo dan berpikir untuk daerahnya.

  63. Ishak Jogues Tibo Bebi says:

    salam jumpa buat teman Kris Bheda yang tidak tau dimana posisinya.
    salam jumpa dan mari berjuang bersama kami untuk membangun nagekeo.
    jangan cuma ngomong di rantau.

  64. dedi says:

    kawan kawan marih satukan niat, bulatkan tekad mari kita bangun daerah kita tercinta… (Nagekeo tercinta)

  65. gabriel edi says:

    mari kita sma-sama berjuang membangun daerah kita nagekeo.

  66. yoga says:

    salam untuk semuanya, saya baru bergabung dengan blok ini..Maju terus nagekeo…jangan pernah menyerah…

  67. Pedro Gais Mbipi ST h . M A says:

    Selamat siang bapak bupati dan saudara/i segenap mayarakat di Nagekeo Flores sebagai putera daerah asal Ende Lio Flores saya memiliki kerinduan utk mendukung pembangunan Perintisan Bandara dan Rumah sakit bertaraf Internasionaldan juga Proyek Penggadaan Air Bersih ( Water Treatment ) di kab Nagekeo apalagi ada persiapan jadi ibukota propinsi Flores . Yayasan Ende Lio Flores yang saya pimpin siap dukung dalam Pembiayaan Project Kemanusiaan di wilayah NTT.

    Salam Hormat dan Kasih

    Pedro Gais Mbipi S Th . M A

  68. jetho pmii says:

    maju terus nagekeo ku,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s